Teacher behind internet security shield icon, cog, VPN shield icon and books about security and privacy
Klik di sini untuk lihat rangkuman artikel.
Apa itu VPN: Gambaran Singkat

VPN adalah layanan yang membuat koneksi aman antara perangkat Anda dan internet. Mereka melakukannya dengan mengubah IP asli Anda dan mengenkripsi traffic internet Anda sehingga sulit bagi pihak lain untuk melacak aktivitas online atau mengetahui lokasi Anda.

Selain itu, VPN memungkinkan Anda untuk melampaui sensor dan batasan geografis dengan terhubung ke server-server di beragam lokasi, memberikan Anda akses ke konten yang diblokir.

Kami merekomendasikan untuk pilih CyberGhost sebagai VPN terbaik bagi pengguna pemula atau yang berpengalaman. Layanannya mudah digunakan, menawarkan enkripsi yang ketat, berkecepatan tinggi, dan melampaui batasan Netflix serta platform streaming populer lainnya.

Anda bisa temukan cara memasang koneksi VPN dan fungsi VPN bagi Anda dalam artikel di bawah ini.

Icon perisai VPN dan alamat IP di belakang

VPN adalah private tunnel yang melindungi aktivitas online Anda dan menjaga keamanan data Anda yang sensitif. Fungsi VPN adalah mengenkripsi koneksi internet Anda dan menyembunyikan informasi Anda dari pihak lain yang mungkin ingin mengintip atau melacak aktivitas online Anda.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu VPN, caranya berfungsi untuk melindungi aktivitas online Anda, dan cara melampaui batasan geografis yang diterapkan layanan-layanan online saat menggunakan virtual private network.

Apa Itu VPN?

Ilustrasi alur traffic internet melalui VPN

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. VPN membuat terowongan yang aman antara perangkat Anda (contohnya smartphone atau laptop) dan internet. Mereka juga menyembunyikan identitas dan traffic online Anda dari penyedia layanan internet (ISP), pemerintah, dan peretas.

Saat menggunakan internet, perangkat Anda terus-menerus berbagi data dengan pihak lain di web. Tanpa sadar, Anda sering kali memberikan situs akses ke alamat IP asli (yang menunjukkan lokasi asli Anda), sejarah browsing, info sistem operasi, pengenal perangkat Anda, dan banyak data lain.

Layanan VPN seperti CyberGhost akan memberikan Anda alamat IP anonim baru, mengarahkan koneksi internet Anda melalui server web dalam jaringannya, dan mengenkripsi data Anda.

Berikut video yang kami buat sebagai penjelasan visual:


Kenapa Sebaiknya Menggunakan VPN?

Icon perisai VPN dan tanda tanya di atas

Ada manfaat-manfaat utama dari penggunaan VPN. Meskipun beberapa VPN lebih fokus terhadap keamanan dan privasi, VPN lainnya secara umum berfungsi dan bisa membantu Anda melakukan hal-hal menarik seperti membuka blokir seluruh katalog internasional sebuah layanan streaming atau mengakses diskon-diskon di situs belanja internasional.

Di bawah ini, kami membahas beberapa manfaat utama penggunaan VPN.

1. Punya anonimitas online sepenuhnya

Icon anonim, tanda tanya dan dua sinyal di atas

Tanpa VPN, lokasi dan identitas Anda bisa mudah dilacak menggunakan alamat IP. Alamat IP Anda unik menjadi pengenal koneksi internet Anda dan bisa memetakan lokasi Anda secara tepat. Bayangkan seperti alamat digital. Jadi, situs, penyedia layanan internet (ISP), pelacak, dan peretas dapat menentukan apakah Anda sedang di rumah atau di tempat lain. IP Anda juga mengaitkan aktivitas dan kebiasaan online Anda dengan diri Anda pribadi.

Fungsi VPN adalah menyembunyikan alamat IP dan lokasi asli Anda. Saat menggunakan virtual private network, traffic internet Anda diarahkan ulang melalui terowongan virtual terenkripsi, dan aktivitas online Anda hanya bisa dilacak kembali ke IP server VPN, bukan lagi ke alamat IP asli atau diri Anda.

Penyedia VPN yang bisa diandalkan memiliki kebijakan no log yang ketat, artinya mereka tidak menyimpan catatan apa pun mengenai aktivitas atau riwayat browsing Anda, jadi seakan-akan sesi browsing Anda tidak pernah terjadi.

Dengan menggunakan virtual private network yang bagus seperti CyberGhost, Anda bisa pastikan bahwa situs, pihak pemasaran, layanan streaming, pemerintah, dan penjahat cyber tidak bisa lagi mengenali Anda atau tahu lokasi asli Anda. Terhubung ke server VPN di Bahamas, contohnya, dan mereka akan mengira Anda sedang berada di sana.

2. Mencegah perusahaan yang ingin melacak Anda

Icon tanda peringatan merah, tanda seru

Jaringan periklanan terus-menerus mengumpulkan informasi tentang Anda melalui traffic online Anda. Anda mungkin terkejut kalau tahu apa saja yang Facebook ketahui tentang Anda, apalagi Google dan Twitter. Dengan data ini, mereka bisa menampilkan iklan yang sesuai, tapi lebih utamanya, mereka bebas menjual informasi ini ke pihak lain.

Dengan mengenkripsi data Anda menggunakan VPN, jaringan-jaringan ini akan lebih kesulitan mengumpulkan informasi tentang Anda. Hal ini artinya pengaruh mereka juga lebih sedikit dalam menentukan apa yang Anda lihat di internet.

3. Lindungi diri dari peretas dan pemerintah

Icon perisai, tiga peretas di atas

Virtual private network mengacak traffic data Anda melalui protokol enkripsi yang kuat, sehingga mempersulit pihak lain saat ingin mencegat atau membaca informasi Anda.

Ada banyak pihak yang tertarik dengan traffic internet Anda. Di antaranya adalah pemerintah, pemasang iklan, dan penjahat cyber.

Keamanan yang ditawarkan oleh virtual private network mempersulit mereka saat ingin melihat data Anda. Namun, kami perlu ingatkan bahwa VPN bukan solusi satu-satunya untuk semua kejahatan cyber.

Kami selalu sarankan untuk menggabungkan penggunaan VPN dengan antivirus yang bagus supaya Anda dilindungi dari semua sisi. VPN tidak bisa melindungi perangkat Anda dari tautan berbahaya yang berisi malware, contohnya.

4. Aman browsing di jaringan umum

Icon gembok, browsing internet

Penggunaan jaringan Wi-Fi umum, seperti di bandara, hotel, atau café, bisa beresiko. Pengguna lain di jaringan yang sama (contohnya peretas dan penjahat cyber yang kami sebutkan) bisa dengan mudah melihat data dan informasi pribadi Anda.

Mengingat Anda tidak ingin orang lain punya akses ke data seperti info login email, gambar dan file, atau info kartu kredit Anda, sebaiknya gunakan koneksi VPN pada tempat-tempat seperti itu.

Virtual private network seperti CyberGhost, salah satu penyedia pilihan kami, akan mengenkripsi semua data Anda selama Anda menggunakan jaringan Wi-Fi umum. Peretas hanya akan melihat data acak yang terenkripsi dan tidak akan bisa melihat atau menggunakan informasi pribadi Anda.

5. Dapat akses aman ke jaringan perusahaan Anda

Icon perangkat dan gembok, sinyal

Kami melihat semakin banyak perusahaan yang memberikan orang-orang kesempatan untuk bekerja dari rumah atau dari mana pun yang mereka inginkan. Dalam kasus sepert ini, virtual private network akses jarak jauh bisa sangat bermanfaat, karena layanannya akan memungkinkan karyawan untuk terhubung ke jaringan internal perusahaan dari mana saja secara aman dan efisien.

Ada banyak VPN, khususnya untuk fungsi bisnis. Meskipun mereka mungkin tidak berfungsi untuk membuka blokir layanan streaming di luar negeri, mereka tentunya tetap berguna untuk melindungi data perusahaan yang bersifat rahasia dan sensitif.

Tentu saja beberapa orang bekerja di perusahaan lebih kecil yang tidak beroperasi menggunakan protokol keamanan cyber yang kuat. Dengan terhubung ke sistem internal perusahaan mereka menggunakan VPN, karyawan bisa mendapat lapisan perlindungan tambahan yang dibutuhkan untuk melindungi data perusahaan yang sensitif dari aktor-aktor berbahaya.

6. Lampaui sensor online

Icon gembok dan rambu retak

Pemerintah sangat menyensor internet di banyak negara. Contohnya, ada sensor online yang ketat di Cina dan Rusia.

Negara-negara yang memberlakukan sensor berat memblokir akses ke layanan internet dan situs tertentu. Contoh aplikasi dan situs yang sering dilarang adalah WhatsApp, Google, Twitter, Instagram, YouTube, Skype, Spotify, dan Facebook.

Selain itu, situs berita dan platform jurnalis sering kali diblokir karena dinilai mengancam pemerintah. Di negara-negara ini, sensor sangat mempengaruhi kebebasan berpendapat masyarakatnya.

CyberGhost, salah satu penyedia VPN unggulan, bisa membantu Anda dalam melampaui sensor dan batasan dengan cara terhubung ke server di negara lain. Dengan melakukan ini, Anda bisa seakan-akan sedang mengakses internet dari negara tersebut. Jadi, Anda bisa mendapat akses ke situs, layanan, dan aplikasi yang tidak tersedia di negara Anda sendiri.

7. Lampaui batasan geografis

Icon bola dunia, tanda peringatan merah

Bukan hanya negara yang memberlakukan batasan di internet. Beberapa layanan online juga membatasi akses ke konten mereka di wilayah-wilayah tertentu. Hal ini terjadi dengan layanan streaming seperti Netflix atau Peacock TV yang punya hak siar atau lisensi di negara tertentu saja.

Jika Anda sedang liburan atau sudah pindah ke negara lain, Anda mungkin tidak akan bisa melihat stream yang sebelumnya biasa Anda gunakan. VPN memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet via server mereka di negara asal Anda, sehingga Anda bisa nonton tayangan favorit Anda atau mengakses situs-situs yang diblokir.

Layanannya juga bekerja sebaliknya: jika Anda ingin akses ke situs atau layanan streaming dari negara lain (contohnya, untuk nonton Netflix versi lain), Anda bisa melakukannya dengan virtual private network.

8. Unduh torrent secara anonim

Icon pengunduhan dan icon anonim

Pengunduhan torrent termasuk ilegal di beberapa negara, dan pengunduhnya akan dilacak dan bahkan kadang dihukum.

Tentunya, kami tidak mendukung aksi ilegal apa pun. Namun, kami paham bahwa orang-orang menginginkan privasi dan anonimitas online, bukan saja saat browsing internet tapi juga saat mengunggah dan mengunduh file.

Anda bisa gunakan virtual private network, seperti CyberGhost, untuk memastikan tidak ada orang yang tahu apa yang Anda unduh. Oleh karena traffic yang terenkripsi dan alamat IP yang diarahkan ulang, CyberGhost akan membantu Anda mengunduh file yang ingin Anda akses secara anonim.

Bagaimana Cara VPN Berfungsi?

Fungsi VPN adalah menciptakan koneksi terenkripsi yang aman, yang juga dikenal sebagai terowongan VPN, antara perangkat Anda dan server jarak jauh yang Anda pilih. Hal ini menjamin transfer data dilakukan secara aman dan terlindungi.

Setelah koneksi VPN berhasil dibuat, berikut cara data Anda dikirim melalui terowongan yang terenkripsi:

Penjelasan fungsi VPN antara pengguna dan internet
  1. Perangkat lunak VPN di komputer Anda akan mengenkripsi traffic data Anda dan mengirimkannya ke server VPN melalui koneksi yang aman.
  2. Data terenkripsi dari komputer Anda akan dibuka enkripsinya oleh server virtual private network.
  3. Data Anda lalu dikirim ke internet dan mendapat jawaban berdasarkan permintaan Anda.
  4. Jawaban ini akan dienkripsi kembali oleh server VPN dan dikirim ke Anda.
  5. Perangkat lunak VPN di perangkat Anda akan membuka enkripsi data tersebut supaya Anda bisa memahami dan menggunakannya.

VPN Mana yang Sebaiknya Anda Pilih?

Kami sudah menguji lusinan virtual private network untuk menemukan penyedia VPN terbaik bagi Anda. Di bawah ini, kami akan berikan rangkuman singkat tentang tiga pilihan top kami.

1. CyberGhost: VPN sederhana namun efektif

Halaman utama cyberghost warna hitam dengan promo paket langganan

Fitur-fitur:

  • Interface mereka ramah konsumen
  • 9.000+ server di 90 negara
  • Punya tombol mati daya otomatis
  • Menawarkan IP khusus
  • Cocok dengan Windows, macOS, Linux, Android, dan lainnya

CyberGhost adalah virtual private network yang terkenal karena ramah konsumen, bahkan bagi pemula. Layanannya cepat, aman, dan menawarkan 9.000+ server di 90 negara sehingga Anda punya banyak pilihan untuk melampaui batasan platform streaming populer seperti Netflix, Hulu, HBO Max, dan lainnya.

Penyedia VPN ini mudah digunakan dan tersedia untuk semua perangkat ternama. Dengan layanannya, Anda bisa membuat koneksi VPN di maksimal tujuh perangkat sekaligus dengan satu paket langganan. Jumlah ini cukup untuk Anda gunakan dengan beberapa orang lain. CyberGhost juga punya koleksi server yang sudah dioptimalkan untuk torrenting dan streaming.

CyberGhost mendukung beberapa protokol yaitu OpenVPN, IKEv2, dan WireGuard. Saat membeli paket langganannya, Anda bisa menambahkan paket Security Suite untuk perangkat Windows yang akan membantu menjamin kebebasan dan privasi online Anda. Layanannya bisa Anda beli menggunakan beragam metode pembayaran seperti kartu kredit, PayPal, cryptocurrency, dan lainnya.

CyberGhost juga penawaran harganya sangat terjangkau. Anda bisa menggunakan masa coba gratis CyberGhost dengan garansi uang kembali 45 hari.

CyberGhost
Penawaran Coba CyberGhost seharga $2,11 per bulan!
Dari
$ 2,11
8,8
  • Sangat ramah konsumen
  • Kualitas tinggi dengan harga rendah
  • Torrent dan Netflix bisa bekerja
Mengunjungi CyberGhost

Untuk tahu lebih banyak tentang CyberGhost, Anda bisa cek ulasan lengkap CyberGhost kami.


2. Surfshark: Penyedia VPN yang terjangkau untuk jumlah perangkat tak terbatas

Cuplikan Surfshark, halaman beranda situs

Fitur-fitur:

  • Ramah kantong
  • 3.200+ server di 100 negara
  • Melindungi perangkat sebanyak-banyaknya dengan satu paket langganan
  • Browser extension yang memblokir iklan dan malware
  • Mendukung Windows, macOS, Linux, iPhone, Android, dan lainnya

Surfshark adalah virtual private network terbaik kedua yang kami uji. Layanannya cepat, aman, dan menawarkan 3.200+ server di 100 negara. Ini memberikan kami banyak opsi untuk melampaui sensor dan batasan di platform streaming seperti Netflix, Hulu, HBO Max, dan lainnya.

Penyedia VPN ini tersedia di semua perangkat ternama dan mudah digunakan. Lebih dari itu, Surfshark memungkinkan Anda untuk menggunakannya di jumlah perangkat sebanyak-banyaknya dengan satu paket langganan saja. Kami bisa menggunakan Surfshark di semua perangkat kami dan berbagi paket langganan ini dengan orang lain tanpa biaya tambahan.

Selain itu, Surfshark punya browser extension yang menawarkan banyak fitur-fitur tambahan seperti CleanWeb. Selama tes, kami menikmati browsing internet yang bebas dari iklan, dan extension mereka secara otomatis memblokir situs-situs berbahaya. Secara keseluruhan, pilihan ini bagus untuk pemula serta pengguna yang berpengalaman.

Bagian terbaiknya adalah layanan ini sangat terjangkau. Anda bisa menggunakan masa coba gratis Surfshark dengan garansi uang kembali 30 hari.

Surfshark
Penawaran Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$ 2,30
9,0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Mengunjungi Surfshark

Cek ulasan Surfshark kami untuk mendapat penjelasan lebih lanjut tentang penyedia ini. Kami lebih mendalami soal fitur-fitur privasi dan keamanan mereka, tes kecepatan, dan hal lainnya.


3. NordVPN: VPN terbaik secara keseluruhan

Cuplikan situs NordVPN, halaman beranda

Fitur-fitur:

  • Sangat mudah digunakan
  • 5.000 server di 60 negara
  • Fitur-fitur keamanan yang solid
  • Buka blokir Netflix, Hulu, HBO Max, dan lainnya
  • Sesuai untuk Windows, macOS, Linux, iPhone, Android, dan lainnya

NordVPN adalah virtual private network peringkat pertama pilihan kami. Selama tes, kami menemukan bahwa layanan ini menawarkan keamanan dan privasi yang bagus tanpa mengorbankan aspek kecepatan. Layanan ini mengizinkan maksimal enam koneksi simultan di satu paket langganan. Ini artinya Anda bisa melindungi enam perangkat dan juga berbagi paket langganannya dengan anggota keluarga dan teman Anda.

Menurut kami aplikasinya sangat ramah pengguna; hanya perlu satu klik bagi kami untuk terhubung ke server. Kami juga sangat puas saat tahu bahwa NordVPN menawarkan opsi-opsi canggih seperti alamat IP khusus yang hanya digunakan oleh Anda dan server-server yang digelapkan yang menyembunyikan penggunaan VPN Anda. Fitur-fitur mempermudah Anda dalam melampaui batasan geografis.

Selain itu, NordVPN menawarkan masa coba gratis dalam bentuk garansi uang kembali 30 hari, yang artinya Anda bisa mencoba layanannya dan mendapat refund jika tidak puas.

NordVPN saat ini punya diskon 56% untuk semua paket langganan, jadi pasti patut dicoba.

NordVPN
Pilihan kita
Penawaran Hanya $3,19 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$ 3,19
9,3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Mengunjungi NordVPN

Jika tertarik, Anda bisa baca ulasan lengkap NordVPN kami untuk tahu lebih lanjut tentang banyak manfaatnya.


Hal yang dicari dari penyedia VPN

Saat coba mencari VPN terbaik untuk Anda, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan seperti fitur-fitur keamanan yang ditawarkan, apakah layanannya cepat, dan apakah mereka menyimpan log. Berikut hal-hal yang kami perhatikan saat mempertimbangkan kualitas virtual private network:

  • Jaringan server: Jaringan server global yang memungkinkan Anda untuk browsing tanpa batasan.
  • Privasi dan keamanan: Fitur-fitur keamanan VPN itu penting. VPN sebaiknya menggunakan enkripsi AES 256-bit yang aman untuk melindungi data Anda. Lebih dari itu, VPN sebaiknya memiliki fitur-fitur seperti tombol mati daya untuk mencegah Anda saat ingin mengakses internet jika VPN mengalami malfungsi.
  • Kecepatan: VPN yang bagus seharusnya menawarkan kecepatan tinggi bahkan saat Anda ingin coba mengakses server yang jauh untuk streaming konten dari negara lain, contohnya.
  • Kebijakan no log: Virtual private network yang bagus sudah diverifikasi secara independen untuk menjamin bahwa mereka tidak menyimpan data Anda.
  • Yurisdiksi: Virtual private network sebaiknya berbasis di negara-negara dengan peraturan privasi yang kuat dan jauh dari negara-negara 5/9/14 mata.

Apakah VPN Aman?

Mungkin Anda penasaran akan tingkat keamanan Anda saat menggunakan penyedia VPN. Traffic internet Anda akan diarahkan ulang melalui server milik penyedia VPN. Penyedia dapat melihat semua aktivitas Anda jika pihak mereka mau. Maka, penting bagi Anda untuk bisa percaya dengan layanan VPN pilihan Anda. Sebagian besar layanan VPN tidak menyimpan catatan aktivitas Anda dan tidak akan menyimpan data Anda.

Namun, ada juga layanan VPN yang menyalahgunakan data yang terkirim melalui server mereka dan bahkan menjual data Anda ke agen periklanan, contohnya. Kasus seperti ini khususnya sering ditemukan di kalangan penyedia VPN gratis. Layanan ini sering kali tidak aman. Sebelum mulai menggunakan sebuah VPN, sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Kami nanti akan memberikan Anda beberapa rekomendasi layanan VPN yang bagus dan aman di artikel ini.

Icon wanita, keadilan

Beberapa orang ingin tahu jika penggunaan VPN itu legal atau tidak. Jasa ini memungkinkan Anda untuk lebih anonim saat online, dan hal ini dapat dimanfaatkan oleh peretas dan penjahat cyber. Jika pihak-pihak tersebut tidak dapat dilacak secara online, maka akan lebih sulit untuk menghukum mereka atas perbuatannya. Namun, bukan berarti penggunaan VPN ilegal.

Sebaliknya: banyak perusahaan dan bisnis resmi yang bekerja dengan VPN dan menyarankan penggunaannya. Uni Eropa, juga, mendukung kebebasan internet, dan dapat dibantu dengan menggunakan VPN.

Banyak negara yang membuat penggunaan VPN legal. Namun, aktivitas ilegal yang menggunakan VPN di internet tetap saja ilegal. Maka dari itu, penggunaan VPN untuk aktivitas legal seperti browsing, gaming, Netflix, dan YouTube tidak menjadi masalah. Jika Anda menggunakan VPN, contohnya, untuk mengunduh file ilegal seperti salinan film dan musik yang tidak resmi, maka Anda kemungkinan besar sedang melanggar peraturan daerah Anda. Meskipun VPN memberikan anonimitas yang lebih banyak bagi Anda saat online dan mempersulit pelacakan, pengunduhan secara ilegal tetap saja ilegal.

Ada beberapa negara yang menganggap penggunaan VPN itu ilegal. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang negara-negara tersebut serta penggunaan VPN yang legal dan ilegal, Anda dapat membaca di artikel ini. Penggunaan VPN di mayoritas negara (Barat) tidak akan menjadi masalah. Sebaliknya: justru kami menyarankannya.

Cara Pasang VPN Di Beragam Perangkat

Pemasangan virtual private network biasanya cukup jelas. Hal yang perlu dilakukan adalah mendaftar untuk layanan penyedia VPN pilihan Anda, memasang aplikasi VPN mereka pada perangkat Anda, membuat koneksi VPN yang aman, lalu menggunakan internet seperti biasa.

Di bawah ini, kami membahas cara pasang virtual private network pada sistem operasi dan perangkat yang paling umum.

Cara pakai VPN di Windows

Pemasangan VPN dan cara merahasiakan aktivitas online di Windows itu sangat mudah. Sebagian besar VPN punya aplikasi untuk Windows karena sistem operasi ini yang paling populer di dunia.

Kami merekomendasikan CyberGhost karena kemudahan penggunaannya, kecepatannya yang tinggi untuk melayani semua kebutuhan pengguna Windows, dan fitur-fitur keamanannya yang tajam.

Berikut cara memasang CyberGhost di Windows:

  1. Buka situs CyberGhost dan dapatkan paket langganan.
  2. Unduh perangkat lunak CyberGhost untuk Windows PC.

    Cuplikan CyberGhost, halaman pengunduhan untuk Windows
  3. Klik pemasang CyberGhost untuk memulai proses pemasangan.

    Cuplikan file pemasangan CyberGhost untuk Windows
  4. Gunakan info login Anda dari Langkah 1 setelah membuka aplikasi CyberGhost.

    Cuplikan CyberGhost, halaman login aplikasi untuk Windows
  5. Tekan “Best server location” dan Anda akan melihat beberapa opsi server terbaik yang ditawarkan. Jika mau pilih server lain, tekan opsi “More servers“.

    Cuplikan CyberGhost, daftar server
  6. Browsing internet secara aman dan anonim.

Jika Anda tertarik untuk memasang virtual private network secara manual, panduan lengkap kami tentang cara memasang koneksi VPN di Windows 10 akan memberikan instruksi tahap per tahap tentang cara melakukannya.

Cara pakai VPN di Mac

Komputer Mac pada umumnya aman. Namun, Apple dan perusahaan teknologi lainnya mengumpulkan data Anda untuk tujuan pemasaran dan fungsi lain. Kami merekomendasikan NordVPN untuk Mac agar menjaga kerahasiaan data Anda.

Berikut cara untuk mengunduh dan memasang NordVPN di Mac:

  1. Buka situs NordVPN dan dapatkan paket langganan.
  2. Unduh NordVPN untuk Mac.

    Cuplikan halaman pengunduhan untuk NordVPN
  3. Buka aplikasi NordVPN setelah pemasangan selesai dan tekan “Quick Connect. Atau Anda bisa cari server sesuai pilihan Anda, seperti yang ditampilkan di bawah ini.

    Aplikasi macOS NordVPN menunjukkan server di Inggris
  4. Browsing internet dengan tenang.

Cara pakai VPN di iPhone dan iPad

Anda bisa temukan aplikasi-aplikasi untuk VPN unggulan di Apple App Store. Kami merekomendasikan CyberGhost karena mulus saat digunakan dengan iOS, kecepatannya tinggi, dan keamanannya baik untuk perangkat iOS Anda.

Berikut cara memasang CyberGhost di iPhone dan nikmati kebebasan internet yang sepenuhnya:

  1. Buka situs CyberGhost dan dapatkan paket langganannya.
  2. Unduh CyberGhost dari Apple App Store.

    Cuplikan CyberGhost, aplikasi iOS tersedia di Apple App Store
  3. Buka CyberGhost dan sign in menggunakan info dari Langkah 1, lalu tekan tombol daya untuk aktivasi CyberGhost.

    Cuplikan CyberGhost, tombol power di aplikasi iOS
  4. Anda bisa melakukan penyesuaian lainnya di bagian pengaturan pada aplikasi CyberGhost.

    Cuplikan CyberGhost, halaman pengaturan aplikasi iOS
  5. Gunakan iPhone Anda untuk browsing internet yang sepenuhnya terlindungi.

Anda juga bisa secara manual memasang VPN di iPhone atau iPad Anda menggunakan panduan yang kami buat tentang VPN terbaik untuk iPhone dan iPad.

Cara pakai VPN di Android

Android adalah sistem operasi telepon seluler yang paling populer di dunia. Maka dari itu, perangkat Android menjadi target utama peretas, pemasang iklan, dan perusahaan teknologi besar seperti Facebook dan Google.

Untuk melindungi data Anda, kami sarankan penggunaan VPN Android. Kami menguji lusinan VPN untuk memilih yang terbaik dalam aspek privasi dan keamanan, kecepatan yang tinggi, sesuai dengan Android, terjangkau, dan ramah konsumen.

Surfshark memenuhi semua kriteria aspek ini sehingga kami merekomendasikannya bagi pengguna Android. Berikut cara memasang Surfshark di Android:

  1. Kunjungi situs Surfshark dan dapatkan paket langganannya.
  2. Unduh Surfshark dari Google Play Store pada perangkat Android Anda.

    Cuplikan app store Android, Surfshark VPN
  3. Buka Surfshark dan tekan “Quick Connect” untuk terhubung ke server yang optimal bagi Anda.

    Cuplikan dashboard Surfshark VPN, tab lokasi server
  4. Lanjutkan aktivitas Anda karena sekarang Anda sudah terlindungi dari pengintai.

Anda bisa tahu lebih banyak lagi seputar VPN Android dalam panduan kami tentang VPN terbaik untuk Android, yang juga mencakup opsi-opsi VPN gratis untuk pengguna Android.

Kekurangan dari VPN

Virtual private network punya banyak hal yang ditawarkan untuk urusan privasi dan keamanan. Namun, ada batasan-batasan hal yang bisa dilakukan virtual private network untuk melindungi Anda.

Di bawah ini kami menyebutkan lima kemungkinan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat memilih menggunakan VPN.

Resiko kekurangan dari penggunaan VPN

1. Big tech profiling

Bayangkan Anda sudah log in ke akun Google Anda. Anda bisa terhubung ke virtual private network di sisi lain dunia, dan Google tetap akan bisa membuat profil tentang Anda sebagai pengguna internet.

Pada intinya, mereka akan membuat korelasi antara riwayat pencarian Anda dengan informasi akun Anda, tidak ada pengaruhnya Anda sudah mengubah alamat IP atau belum. Hal ini akan tetap dilakukan juga oleh layanan seperti Facebook.

2. Pelacakan GPS

Ada banyak cara lain di mana entitas online bisa menentukan identitas Anda, dan VPN tidak bisa melindungi Anda untuk urusan ini. Saat menggunakan Google Maps, contohnya, Anda sering kali diwajibkan untuk menyalakan GPS Anda.

Ini artinya Google Maps bisa melihat keberadaan Anda secara pasti. Ada juga cara-cara lebih canggih yang digunakan untuk mengenali pengguna, seperti browser fingerprinting. Metode ini menggunakan pengaturan browser dan perangkat Anda untuk membedakan Anda dari pengguna internet yang lain.

3. Kecepatan internet lebih lambat

Kecepatan internet Anda mungkin menurun jika Anda menggunakan virtual private network. Data Anda telah dikirim melalui server VPN, yang artinya akan butuh waktu yang sedikit lebih lama untuk sampai pada tujuannya. Namun, ada beberapa cara efektif untuk meningkatkan kecepatan internet saat terhubung ke VPN, seperti memilih server yang berbeda atau menutup aplikasi lain yang sedang tidak Anda butuhkan.

4. Pemblokiran VPN

Kadang pengguna VPN secara aktif dibatasi, khususnya di negara-negara di mana virtual private network dilarang. Contohnya, Iran berencana untuk membatasi penjualan VPN mulai dari awal tahun ini.

Ada juga situs, aplikasi, dan layanan yang akan menolak akses Anda jika mereka mendeteksi bahwa Anda sedang menggunakan virtual private network. Namun, VPN dengan teknologi obfuscation mungkin bisa berhasil melampaui batasan dan memungkinkan Anda untuk mengakses situs yang Anda inginkan.

5. Penyedia layanan yang buruk

Anda khususnnya perlu hati-hati dengan VPN gratis. VPN ini dikenal sering mengorbankan keamanan Anda dan menjual data Anda ke pihak lain, hal ini jauh lebih buruk dibanding tidak menggunakan virtual private network sama sekali.

Anda sebaiknya selalu melakukan riset terlebih dahulu dan jangan pernah memilih virtual private network sembarangan. Daftar lima VPN unggulan terbaik kami tahun ini bisa jadi awal yang bagus untuk Anda.

6. Pengumpulan data Anda

Beberapa VPN, seperti Hola VPN dan Tuxler VPN, mencatat data Anda dan menjualnya ke pihak lain. Selain itu, hindari sebagian besar VPN gratis dan lebih baik pilih layanan di dalam daftar VPN gratis terbaik ini karena mereka punya kebijakan logging yang mirip dengan penyedia VPN unggulan.

Kesan Akhir: Kenapa Anda Butuh VPN?

Icon perisai VPN, palu hijau

Anda butuh VPN karena layanannya menyembunyikan identitas dan aktivitas online Anda mulai dari penyedia layanan internet, pihak pemerintah, dan situs yang Anda kunjungi. Layanan ini menjamin tingkat privasi dan keamanan online yang lebih baik.

Selain itu, virtual private network membantu melampaui sensor dan blokir geografis untuk menjamin adanya dunia dengan lebih banyak kebebasan internet di mana pun Anda berada.

Dalam sebagian besar kasus, penggunaan VPN itu aman dan legal. Namun, kadang situs web dan aplikasi tertentu tidak dapat diakses melalui koneksi VPN. Selain itu, beberapa negara melarang penggunaan virtual private network dan Anda mungkin bisa terjerat masalah hukum jika ketahuan menggunakannya.

Tapi, Anda juga sebaiknya hati-hati dalam memilih VPN karena ada banyak perusahaan yang mencurigakan di luar sana yang mengorbankan privasi Anda dengan berpura-pura menyediakan layanan mereka kepada Anda. Maka, penting untuk melakukan riset sebelum sign up layanan virtual private network.

Jika Anda ingin perlindungan menyeluruh untuk aktivitas online Anda, kami sarankan untuk mencoba CyberGhost. Layanannya punya fitur keamanan yang luar biasa, ramah konsumen, dan membuka blokir platform streaming populer. CyberGhost akan memberikan Anda kecepatan yang tinggi di lokasi mana pun dan Anda bisa browsing internet secara anonim.

Ingin tahu lebih lanjut tentang VPN dan alasan Anda sebaiknya menggunakannya? Cek artikel kami yang lain di bawah ini:

Apa Itu VPN: FAQ

Jika Anda punya pertanyaan mendesak tentang VPN, kami mungkin bisa bantu Anda. Silahkan klik salah satu pertanyaan di bawah ini untuk melihat jawabannya.

Berapa harga VPN?

Ada perbedaan harga yang besar antara beragam penyedia VPN. Hal ini mempersulit kami dalam memberikan jawaban jelas untuk pertanyaan ini. Meskipun begitu, VPN premium dikenakan harga sekitar $2 sampai dengan $7 per bulan.

Ada VPN gratis juga. Anda tidak membayar untuk layanan ini, tapi akan ada batasan data atau kecepatan yang berlaku.

Apakah sebaiknya pakai VPN gratis?

Kami tidak menyarankan penggunaan VPN gratis. Beberapa aplikasi gratis tidak mengamankan koneksi Anda dengan baik, sedangkan aplikasi yang lain bahkan mungkin memasang malware pada perangkat Anda. Kami sudah menguji beragam VPN gratis untuk melihat mana yang bisa dipercaya. Lihat artikel VPN gratis terbaik pilihan kami.

Apa itu VPN?

VPN adalah koneksi aman antara Anda dan internet. Koneksi ini dikirim melalui server VPN eksternal, artinya alamat IP, lokasi, dan traffic data Anda tetap tersembunyi. Selain itu, sering kali Anda akan bisa memilih dari beragam lokasi server, sehingga bisa mengakses web seakan-akan Anda berada di negara lain.

Bagaimana cara VPN berfungsi?

VPN membuat terowongan VPN terenkripsi antara perangkat Anda dan internet. Semua traffic online Anda dikirim melalui terowongan ini, artinya tidak ada orang di luar sana yang akan bisa melihat hal yang Anda lakukan saat online. VPN juga mengubah alamat IP Anda dengan mengubahnya ke IP milik server VPN yang sedang Anda gunakan.

Maka, lokasi Anda tidak akan terlihat oleh semua orang di internet. Terowongan VPN yang terenkripsi mampu menjaga keamanan data Anda karena menggunakan protokol enkripsi tingkat tinggi.

Bisakah saya menggunakan VPN untuk nonton Netflix?

Ya, Anda bisa menggunakan VPN untuk nonton Netflix. VPN terbaik untuk Netflix akan memungkinkan Anda untuk nonton film dan serial yang mungkin tidak tersedia di negara Anda.

Tinggalkan komentar