Kita NordVPN skor

  • Kecepatan
    9.0
  • Keamanan
    9.5
  • Kegunaan
    9.5
  • Server
    9.0
  • Ulasan NordVPN (2023) – Tidak Ada Log, Memiliki Enkripsi Terbaik, dan Server Netflix yang Fungsional

    TIM KAMI MENGUJI NORDVPN SECARA EKSTENSIF DAN LAYANANNYA TIDAK MENGECEWAKAN.

    Berdasarkan tes kami, NordVPN adalah VPN terbaik di pasar saat ini. Layanannya menawarkan banyak fitur-fitur paling penting dengan harga terjangkau.

    Sebagai pilihan kami untuk VPN dengan performa terbaik di tahun 2023, NordVPN adalah penyedia VPN ternama yang berbasis di Panama. Panama tidak memiliki undang-undang penyimpanan data wajib, sehingga NordVPN tidak menyimpan log apa pun. NordVPN juga menawarkan jaringan server yang besar dan serangkaian fitur-fitur privasi dan keamanan yang luar biasa.

    Enkripsinya yang kokoh, kecepatan koneksinya yang luar biasa, dan konektivitasnya yang bisa diandalkan menjadikan layanan ini pilihan favorit di seluruh dunia. Tim VPNOverview secara menyeluruh menguji fitur-fitur NordVPN, performa keseluruhannya, kemampuan streaming-nya, dan banyak hal lain. Pengguna juga bisa mendapat diskon spesial dengan menggunakan NordVPN coupon pada tautan kami.

    Baca selengkapnya tentang hasil tes kami dalam ulasan NordVPN lengkap kami di bawah ini.

    Spesifikasi NordVPN
    💵 Harga Mulai dari $3,19 per bulan
    📱 Sistem operasi iOS, Android, Linux, Mac, Windows
    💻 Koneksi 6
    💳 Metode pembayara Cryptocurrency, Lain, Kartu kredit
    🔒 Protokol IKEv2, OpenVPN, Wireguard
    📥 Opsi torrent Torrenting diizinkan
    📅 Jaminan uang kembali Garansi uang kembali
    📋 Log Tidak ada log
    🎬 Bekerja dengan Bekerja dengan Netflix Bekerja dengan HBO Bekerja dengan Disney+ Bekerja dengan Kodi Bekerja dengan BBC Bekerja dengan Torrent Bekerja dengan Gaming

    9,3

    Pro

    • Paket keamanan yang solid
    • Kebijakan no log yang ketat
    • Kecepatan dan performa yang bagus
    • Server VPN khusus Tor dan P2P
    • DoubleVPN (server dengan enkripsi ganda)
    • Membuka blokir Netflix dan platform streaming lainnya
    • Tersedia IP khusus

    Kontra

    • Varian WireGuard (NordLynx) adalah hak milik penyedia, sehingga kurang transparan
    • Login berbasis web bukan aplikasi
    • Tersedia bahasa yang terbatas untuk layanan bantuan

    NordVPN: Ulasan Singkat Kami

    NordVPN dimiliki oleh Nord Security, yang beroperasi dari Lithuania. Tefincom S.A. memiliki merek dagang AS untuk NordVPN dan berbasis di Panama. Tefincom adalah pemilik brand NordVPN, yang melindungi pengguna NordVPN dari pengawasan pemerintah.

    Perlu dicatat bahwa Lithuania adalah negara yang terikat dengan Mutual Legal Assistance Treaties (MLAT) dengan Amerika Serikat. Ini artinya negara-negara yang terikat dapat bekerjasama dalam menuntut tindak pidana. Namun pemilik NordVPN mengklaim bahwa perjanjian tersebut tidak punya pengaruh terhadap cara mereka menangani data.

    Dengan kantor pusatnya di Panama, NordVPN dan basis penggunanya menikmati kebebasan tingkat tinggi untuk urusan legislasi internet. Dengan terdaftar di Panama, NordVPN juga berarti tidak rentan terhadap pembagian data antar negara di aliansi 14 Mata.

    Apakah NordVPN menjaga keamanan data Anda? Ya! NordVPN tidak menyimpan log apa pun, seperti yang diverifikasi melalui sebuah audit independen yang dilaksanakan oleh Deloitte. Ini hal yang bagus jika Anda peduli dengan privasi Anda.

    NordVPN cepat, punya enkripsi tingkat militer (AES 256-bit), menawarkan server di seluruh dunia, dan punya server khusus yang bekerja dengan platform streaming besar. Harganya juga masuk akal. Lanjut baca ulasan NordVPN kami untuk informasi lebih lanjut tentang performa VPN ini.


    Kecepatan – Salah Satu VPN Tercepat yang Pernah Kami Uji

    Kecepatan adalah faktor penting saat kami menguji VPN. VPN tercepat di luar sana mampu mengenkripsi traffic Anda tanpa menyebabkan penurunan kecepatan yang besar.

    Saat menulis ulasan NordVPN kami, tim kami secara menyeluruh menguji kecepatannya di beberapa server. Kami juga menguji NordVPN di beragam perangkat untuk mengukur apakah pilihan platform kami mempengaruhi kecepatan koneksi kami. Hasilnya? Kami memberi NordVPN 9/10 untuk aspek kecepatan dan performa.

    Berikut hasilnya:

    • Koneksi kami tanpa VPN tercatat 94,52 Mbps
    • Di server yang paling cepat, kami mencatat kecepatan pengunduhan sebesar 90,66 Mbps (96% dari kecepatan biasanya!)
    • Bahkan pada server yang jauh seperti Perth, Australia, kami mendapat tidak kurang dari 68 Mbps
    • Selama penggunaan harian, tidak ada perbedaan kecepatan yang mencolok, bahkan tidak saat sedang gaming
    • Ping menjadi masalah pada server Australia saat gaming, tanpa kami bisa dengan mudah mengatasi ini

    Hasil tes kecepatan NordVPN kami sangat positif

    Saat menguji VPN apa pun, kami mencoba untuk melakukannya secara menyeluruh. Kami mulai dengan mengukur kecepatan koneksi kami tanpa VPN. Lalu kami membandingkannya untuk menguji hasil yang didapatkan pada server lokal dan jauh.

    Hal ini memungkinkan kami untuk mengukur pengaruh jarak dan enkripsi terhadap performa kami. Kami menguji NordVPN dari kantor pusat kami di Belanda menggunakan NordLynx (protokol VPN tercepat mereka).

    Karena performa keseluruhannya bergantung pada lokasi dan kecepatan mula Anda, hasil Anda mungkin akan berbeda. Maka, Anda sebaiknya melihat tabel di bawah ini sebagai indikator kecepatan potensial. Berikut performa NordVPN selama pengujian terbaru kami di tahun 2023:

    ServerDownload (Mbps)Upload (Mbps)Ping (MS)
    Tidak menggunakan VPN204,22248,124
    Server tercepat (Amsterdam)195,95237,095
    Belanda (Amsterdam)195,41237,587
    Jerman (Frankfurt)194,81237,0111
    Spanyol (Madrid)195,75233,236
    Meksiko (Kota Meksiko)148,66129,28162
    Prancis (Paris)195,29236,9819
    Italia (Milan)195,43237,0222
    Inggris (London)195,17237,7610
    Amerika Serikat (New York)180,63217,0893
    Amerika Serikat (Los Angeles)171,8187,39142
    Kanada (Montreal)180,35165,63104
    Brazil (Sao Paulo)126,34109,8210
    Afrika Selatan (Johannesburg)143,54124,72184
    Argentina (Buenos Aires)12895,65229
    Portugis (Lisboa)194,02248,1251
    Jepang (Tokyo)125,32111,84216
    Australia (Perth)127,42114,98204

    Seperti yang bisa dilihat, reputasi NordLynx sesuai dengan kinerjanya. NordVPN menawarkan kecepatan yang luar biasa, bahkan pada server-server jauh. Secara alami, dengan meningkatnya ping, kecepatan mulai turun, tapi perubahan ini tidak akan mengubah pengalaman Anda.

    Menariknya adalah pilihan otomatis NordVPN sebenarnya lebih lambat dibanding server acak di Belanda. Namun, terlepas dari gangguan kecil dalam kecepatan pengunggahan saat terhubung ke server di Johannesburg, pengalaman kami lancar.

    Selama pengujian NordVPN, kami tidak mengalami lag apa pun atau putus koneksi VPN. Bahkan dengan ping yang lebih tinggi, semuanya terasa mulus dan cepat. Hanya butuh beberapa detik saja untuk terhubung ke server mana pun (bahkan pilihan server yang jauh).

    Baik Anda sedang mencari VPN gaming yang layar, atau butuh VPN untuk streaming konten HD atau hanya mengunduh file melalui torrent, NordVPN memenuhi semua kebutuhan itu.

    Namun, jika internet Anda lebih lambat, Anda mungkin akan mengalami beberapa lag saat mengunggah (contohnya, selama panggilan video atau streaming di Twitch). Anda juga bisa melihat daftar VPN terbaik untuk Twitch pilihan kami.

    Kecepatan selama penggunaan harian

    Apakah NordVPN cepat saat digunakan setiap hari? Jawabannya tentu cepat. Kami mencoba VPN ini saat melakukan aktivitas sehari-hari, seperti browsing, hard-core gaming, dan mengunduh. Pengunduhan dilakukan via P2P dan khusus platform seperti Steam yang ternyata sangat cepat. Setelah masa berakhir, kami dapat dengan pasti menyimpulkan bahwa tidak ada perubahan kecepatan yang disadari saat menggunakan dan tidak menggunakan NordVPN. Bagi kami, semuanya bekerja tanpa kendala.

    Mayoritas penyedia VPN modern secara otomatis mengijinkan Anda untuk terhubung dengan server tercepat mereka yang tersedia, termasuk NordVPN. Dengan sistem ini, ditambah juga jumlah server NordVPN yang banyak, menjadi garansi adanya koneksi yang stabil dan cepat.


    Keamanan – Seberapa Aman NordVPN?

    Bagian penting lain dari proses ulasan NordVPN kami adalah memeriksa kebijakan keamanan dan privasinya. Hal ini dilakukan untuk melihat seberapa aman NordVPN? Jawabannya: sangat aman.

    Enkripsinya, penyembunyian IP-nya, dan kebijakan logging mereka sangat solid. Maka kami memberikan nilai 9,5/10 untuk aspek keamanan.

    Ini nilai yang memukau. Jadi, apa yang sebenarnya ditawarkan perangkat lunaknya? Berikut penjelasan kami tentang konfigurasi keamanan NordVPN:

    • NordVPN mendukung protokol VPN yang luar biasa: OpenVPN, NordLynx, dan IKEv2/IPSec.
    • Kantor pusatnya berada di Panama dan menerapkan kebijakan no log yang ketat.
    • Layanannya punya tombol mati daya otomatis.
    • Layanannya menawarkan beberapa mode koneksi (Onion over VPN dan VPN ganda).
    • Fitur Threat Protection menjaga keamanan Anda dari ancaman online.
    • Anda hanya butuh alamat email dan kata sandi untuk membuat akun NordVPN.

    Protokol

    NordVPN memiliki enkripsi tingkat militer. Mereka menggunakan enkripsi data 256-bit AES. Hal ini, juga dengan server mereka yang terlindungi dengan baik dan firewall yang bagus, membuat keamanan NordVPN sangat solid.

    Lebih dari itu, mereka juga bekerja dengan beberapa protokol VPN ternama, seperti:

    • IKEv2/IPSec
    • OpenVPN TCP
    • OpenVPN UDP
    • NordLynx (berbasis Wireguard, dengan NAT untuk meningkatkan keamanan)

    Protokol enkripsi IKEv2 yang populer dan cepat menggunakan IPSec untuk enkripsi berkualitas tinggi dan aman. OpenVPN (baik TCP atau UDP) secara umum dinilai sebagai protokol teraman, maka kami menyarankan penggunaannya.

    Baru-baru ini, NordVPN telah menambahkan sebuah protokol baru bernama NordLynx. Protokol ini, dikembangkan oleh NordVPN, menggunakan basis protokol Wireguard yang relatif baru, cepat, dan efisien serta kelihatannya menjanjikan. NordVPN telah menggabungkan Wireguard dengan “custom double Network Address Translation (NAT) system” sendiri untuk merespon kritik akan isu keamanan Wireguard. NordVPN mengklaim bahwa pihaknya telah membuat sebuah protokol enkripsi yang aman dan cepat. Namun NordLynx masih dalam tahap pengembangan, maka belum ada kesimpulan pasti yang bisa dibuat tentang protokol ini.

    Berbagai pilihan di atas menunjukkan bahwa NordVPN fokus pada protokol enkripsi yang aman dan mengutamakan privasi konsumen.

    Logging dan privasi

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kantor NordVPN terdaftar di Panama, Negara ini memiliki peraturan yang bagus terkait privasi, artinya NordVPN tidak diharuskan untuk menyimpan catatan terkait aktivitas para penggunanya. Tidak banyak penyedia di luar sana yang bisa mengatakan bahwa mereka tidak menyimpan catatan apapun tentang konsumen mereka, namun Nord bisa.

    Untuk memastikan implementasi kebijakan “no log” mereka dan menghindari peretasan server, NordVPN menggunakan server RAM diskless yang tidak mengandung informasi sensitif apapun. Saat terjadi peretasan, tidak akan ada data atau file konfigurasi yang bisa ditemukan: tidak ada informasi apapun yang bisa dicuri.

    Lebih dari itu, NordVPN mendukung obfsproxy. Teknik (Tor) ini ditujukan untuk mencegah Inspeksi Deep Packet dan memungkinkan penggunaan VPN untuk tetap dirahasiakan. Lalu, pengguna di negara-negara yang biasanya melarang penggunaan VPN, seperti Cina dan Turki, pun dapat memiliki VPN yang bekerja. NordVPN juga menawarkan perlindungan tambahan terhadap kebocoran IP.

    Server Finlandia diretas

    Di tahun 2019, NordVPN mengungkapkan bahwa server mereka di Finlandia telah diretas pada tahun sebelumnya. Seorang pihak tanpa izin telah berhasil mengakses sistem pusat data yang memiliki server tersebut.

    Meskipun masalah ini serius dan mengejutkan, NordVPN telah menangani situasi ini dengan baik. Tidak ada data pribadi atau catatan terkait konsumen yang bocor karena penyedia ini tidak menyimpan catatan apapun. Server yang diretas pun sudah tidak digunakan dan NordVPN mengakhiri kontraknya dengan pusat data tersebut.

    Setelah kasus peretasan tersebut, NordVPN telah berupaya sebisa mungkin untuk meningkatkan keamanan mereka. Tidak ada server lain NordVPN yang diretas. Meskipun begitu, penyedia ini telah memeriksa dan melakukan audit terhadap semua server mereka. Di bulan Juli 2020 NordVPN mengumumkan bahwa PricewaterhouseCoopers AG telah menyelesaikan audit lengkap terhadap infrastruktur yang mengkonfirmasi adanya kebijakan no log NordVPN.

    Selain itu, mereka juga merencanakan audit infrastruktur secara keseluruhan dan audit no log baru.

    Lebih dari itu, NordVPN telah bergabung ke dalam VPN Trust Initiative yang juga beranggotakan penyedia VPN bagus lainnya seperti Surfshark dan ExpressVPN. NordVPN juga memulai sebuah program untuk “bug bounty“, yang mendorong peretas white hat untuk membantu mencari bugs dan masalah dalam sistem NordVPN supaya mereka dapat memperbaikinya.

    NordVPN sekarang menggunakan server RAM diskless dan telah meningkatkan standar keamanan dari penyedia server mereka mereka. Terakhir, mereka juga membangun jaringan server mereka sendiri, yang dimiliki sendiri oleh NordVPN. Semua hal ini menunjukkan bahwa mereka menganggap keamanan konsumen sebagai sebuah hal yang serius.

    Meskipun terjadi peretasan, NordVPN tetap menjadi salah satu VPN premium teraman yang ada di pasar. Lokasi mereka dan kebijakan no-log yang kuat membuktikan bahwa NordVPN akan menjaga data pribadi dan privasi Anda secara aman.

    Peningkatan keamanan NordVPN

    Baru-baru ini, kebijakan no log NordVPN diaudit secara independen oleh Deloitte pada bulan Februari 2023. Proses ini mencakup inspeksi hardware, ulasan log teknis, dan wawancara dengan karyawan NordVPN.

    NordVPN dinilai sebagai VPN no log bersertifikasi untuk ketiga kalinya, yang semakin membuktikan komitmen mereka terhadap privasi. NordVPN juga merupakan anggota pendiri dari VPN Trust Initiative (VTI), bersama dengan penyedia layanan VPN ternama lainnya seperti Surfshark dan ExpressVPN.

    Inisiatif ini terus memperjuangkan praktik terbaik untuk operator VPN, sambil mengedukasi konsumen tentang cara VPN membantu meningkatkan keamanan, seperti halnya tim kami di VPNOverview.

    NordVPN juga memulai program bug bounty, yang mendorong peretas “white hat” yang etis untuk mencari bugs di sistem NordVPN. Menurut NordVPN, sekitar 1.600+ laporan telah diajukan melalui program ini di dua tahun pertamanya.

    Program itu sudah membayar 910 hadiah (hasil terbaru sudah diperbarui). Komitmen perusahaannya terhadap kualitas ke depannya berbeda dari yang biasanya kami perhatikan pada sebagian besar peyedia VPN lain.

    Terakhir, NordVPN membangun jaringan servernya sendiri, eksklusif dimiliki oleh NordVPN (colocated server). Mengapa hal ini penting? Peretas server Finlandia yang disebutkan di atas itu terhubung ke server yang di-hosting pihak lain.

    Dengan menggunakan colocated server, NordVPN akan menjadi satu-satunya yang punya kuasa dan visibilitas atas seluruh ekosistemnya. Bagi kami itu kemenangan untuk aspek keamanan. Sampai saat ini, NordVPN sudah memiliki 580 colocated server, dan punya rencana untuk membuat 5.000+ servernya seperti ini juga.

    Kami bisa simpulkan bahwa NordVPN tetap menjadi salah satu layanan VPN premium paling aman yang ada. Lokasi mereka, kebijakan no log mereka yang sudah diverifikasi melalui audit, dan upaya mereka untuk meningkatkan keamanan dan privasi tidak tertandingi oleh penyedia lain.

    Tombol mati daya

    Untuk perlindungan ekstra, NordVPN juga memiliki pilihan tombol mati daya. Pilihan ini sangat mirip dengan tombol mati daya pada layanan VPN lainnya. Hal ini memastikan bahwa Anda tidak akan membocorkan data pribadi Anda saat koneksi dengan server VPN sedang hilang atau putus. Sebaliknya, koneksi internet Anda akan terganggu sepenuhnya sampai koneksi VPN kembali menyala dan bekerja.

    Selain itu, NordVPN memungkinkan Anda untuk meletakkan aplikasi dan program tertentu di daftar khusus yang mematikan daya aplikasi. Dengan begitu, aplikasi tertentu tersebut yang akan dimatikan jika koneksi VPN terputus. Hal ini sangat berguna.

    Contohnya: jika Anda biasa menggunakan satu browser untuk aktivitas pribadi dan menggunakan browser lain untuk penelusuran online yang tidak sensitif, maka Anda bisa menambahkan browser yang pertama ke dalam daftar mati daya. Browser tersebut akan dimatikan jika koneksi VPN terputus, sedangkan browser yang kedua akan tetap bekerja. Anda akan memiliki kuasa penuh atas apa yang dapat Anda lakukan saat koneksi VPN sedang terputus. Dalam bahasa lain: tombol mati daya ini sangat berguna dan aman.

    Penjagaan melawan ancaman online dengan fitur Threat Protection

    Threat Protection adalah fitur keamanan tambahan NordVPN yang memblokir iklan-iklan berbahaya dan melindungi Anda dari malware, phishing, dan ancaman online lainnya. Menurut perangkat lunak NordVPN kami, layanannya akan memblokir ancaman sebelum bahkan bisa sampai ke perangkat Anda.

    Alat bagus ini juga menjaga keamanan Anda dari serangan DDoS. Terakhir, alatnya menangani pelacak online, memungkinkan Anda untuk menelusuri internet tanpa meninggalkan jejak.

    Setiap minggu, Threat Protection akan membuat rangkuman perlindungan tujuh-hari Anda. Ide dasarnya adalah untuk memberi Anda kuasa atas kebersihan digital Anda. Fitur ini akan mencantumkan semua iklan yang diblokir, situs berbahaya, malware, dan pelacak. Dengan menganalisis laporan ini, Anda bisa mempelajari situs dan perilaku mana yang sebaiknya dihindari ke depannya.

    Mohon diingat bahwa kami menemukan dua versi yang terpisah: Threat Protection dan Threat Protection Lite. Versi yang kedua tidak akan menghapus malware yang dideteksinya. Selain itu, Anda bisa menggunakan versi lengkapnya tanpa koneksi VPN, di program langganan yang terpisah, tapi Anda tidak bisa melakukan hal yang sama dengan versi Lite.

    CATATAN

    Fitur ini sebelumnya disebut CyberSec. NordVPN telah memperluas alat ini dan menamainya Threat Protection.

    NordVPN melindungi data Anda

    Kami secara rutin mengulas VPN, dan salah satu tes utamanya adalah untuk memeriksa apakah layanan ini membocorkan data Anda. Hal ini bisa terjadi dengan beberapa cara umum yang semuanya berakibat pada terlihatnya lokasi asli Anda:

    • Kebocoran DNS: Hal ini bisa terjadi saat permintaan DNS Anda (permintaan halaman internet Anda, pada dasarnya) dikirim melalui penyedia layanan internet Anda alih-alih melalui koneksi VPN Anda.
    • Kebocoran WebRTC: WebRTC mendukung streaming audio dan video tanpa perlu perangkat lunak tambahan – jadi, Microsoft Teams, Discord, dan lainnya. Namun WebRTC bisa membocorkan alamat IP asli Anda jika Anda menggunakan VPN berkualitas rendah.
    • Kebocoran alamat IP: Alamat IP umumnya bocor dari layanan VPN saat pihak penyedia tidak mengkonfigurasi layanan mereka secara benar untuk mendukung bentuk yang lebih baru dari IP, IPv6.

    Saat menulis ulasan NordVPN ini, kami sama sekali tidak mengalami kebocoran data berbahaya. Laporan ipleak.net kami menunjukkan tidak adanya kebocoran WebRTC dan DNS.

    Pihak perusahaan mencegah kebocoran DNS dengan mengoperasikan server DNS mereka sendiri. Permintaan DNS Anda akan melewati terowongan enkripsi dan diselesaikan pada server tersebut yang saat ini terhubung dengan Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir data pribadi Anda jatuh ke tangan yang salah.

    Pemeriksa alamat IP di situs kami juga hanya mampu mendeteksi IP yang diberikan NordVPN.

    Informasi apa saja yang dibutuhkan NordVPN untuk membuat akun?

    Untuk membuat akun dengan NordVPN, Anda hanya memerlukan alamat email dan kata sandi. Anda dapat memilih untuk menggunakan alamat email sekali pakai jika ingin tetap lebih anonim. NordVPN tidak akan meminta informasi tambahan seperti nomor telepon atau alamat rumah Anda.

    Mereka juga menyediakan pilihan untuk membayar dengan cryptocurrency seperti Bitcoin. Dengan begitu, Anda bisa tetap (hampir) sepenuhnya anonim saat sedang membuat akun NordVPN Anda. Mohon diingat, jika Anda menggunakan bentuk pembayaran lainnya maka Anda harus memberikan beberapa informasi pribadi Anda ke NordVPN, seperti nomor akun bank Anda.


    Kegunaan – Ramah Bagi Pemula dan Kuat

    NordVPN berhasil menjaga layanannya tetap ramah bagi pemula tanpa mengorbankan opsi lanjutan. Dengan demikian, layanannya dapat melayani pengguna VPN yang masih pemula dan juga yang berpengalaman. Mengingat hal itu, kami memberikannya nilai 9,5/10 untuk aspek kegunaan.

    Berikut rangkuman singkat kesimpulan kami tentang aspek kegunaan situs dan aplikasi NordVPN:

    • Kami menilai situs NordVPN jelas dan teratur.
    • Proses pemasangannya cepat dan mudah.
    • Aplikasinya sederhana dan mudah digunakan pada setiap platform yang kami uji.
    • Nord menawarkan VPN tingkat bisnis bernama NordLayer.
    • Anda bisa menggunakan alat keamanan tambahan (NordPass dan NordLocker).
    • Meshnet memungkinkan akses jarak jauh ke perangkat via terowongan terenkripsi.
    • NordVPN mendukung semua metode pembayaran utama.
    • Layanan pelanggannya mudah dijangkau dan merespon dengan cepat – kami mulai percakapan di live chat dalam waktu kurang dari satu menit.

    NordVPN login dan proses pemasangannya

    Menurut kami situs NordVPN punya keseimbangan yang bagus antara kesederhanaan dan kejelasan, tapi tetap penuh dengan informasi yang berguna. Dengan menekan tombol “Log in” di bagian sudut kanan atas layar, Anda bisa membuat akun atau log in jika Anda sudah punya akun.

    Layar berandanya cukup informatif, menyebutkan beberapa aspek paling penting dari NordVPN.

    cuplikan halaman beranda situs nordvpn indonesia dengan promo diskon terbaru

    Setelah berlangganan dan melakukan NordVPN login, kami disajikan dashboard pribadi. Di situ Anda bisa memeriksa akun Anda, mengeksplorasi layanan Nord lainnya, dan mengunduh perangkat lunak untuk perangkat Anda. Anda juga bisa menggunakan opsi live chat untuk meminta bantuan – kami terhubung dengan seorang agen dalam waktu kurang dari satu menit.

    Pemasangan NordVPN mudah. Pihak perusahaan menawarkan aplikasi tersendiri untuk Windows, macOS, Android, iOS, dan AndroidTV. Anda juga bisa mengunduh browser extension yang aman bagi Chrome, Firefox, dan Edge. Kami juga sangat senang dengan kode QR untuk akses cepat ke aplikasi mobile yang tersedia.

    Selain dari platform yang disebutkan, Anda juga bisa memasang NordVPN di Firestick, Playstation, Xbox, Nintendo Switch, Raspberry Pi, Chromebook, Chromecast, Kindle Fire, dan Oculus Quest Anda.

    Untuk ulasan NordVPN ini, kami terutama menguji client Windows. Ikuti tahap-tahap berikut dan Anda bisa cepat menggunakan NordVPN:

    1. Buka situs resmi NordVPN.
    2. Klik “Log in” pada sudut kanan atas.
    3. Daftar menggunakan informasi pilihan Anda.
    4. Unduh file pemasangan dari dashboard pribadi Anda.
    5. Klik file yang diunduh untuk mulai pemasangan.
    6. Ikuti instruksinya.

    PENTING

    Selalu unduh perangkat lunak VPN dari situs penyedia yang terpercaya.

    Setelah Anda memasang NordVPN pada perangkat, Anda bisa mengirim “email undangan” ke perangkat lain yang ingin Anda lindungi. Contohnya, kami mengirim undangan ke perangkat anggota tim kami. Mereka dapat membukanya dari HP mereka, menekan tautan, dan mengunduh NordVPN – di Android dan iOS.

    Bagian terbaiknya? Anda bisa melakukan hal ini langsung dari client NordVPN Anda.

    Mohon diingat bahwa alat pemasangan akan meminta Anda untuk memasang password manager gratis milik Nord yang disebut NordPass. Untuk memperjelas, Anda tidak perlu mengunduh NordPass untuk menggunakan NordVPN. Kami akan membahas aplikasi ini lebih lanjut di bawah.

    Anda bisa memasang NordVPN maksimal di enam perangkat. Enam koneksi VPN simultan seharusnya lebih dari cukup bagi sebagian besar pengguna, termasuk yang ingin melindungi seluruh anggota keluarga mereka.

    Bagaimana cara kerja NordVPN?

    Aplikasi desktop untuk Windows dan Mac memiliki pilihan dan opsi pemasangan yang beragam.

    Perangkat lunak NordVPN jelas dan secara visual menarik. Di aplikasi mereka, terdapat beberapa cara untuk memilih server. Pertama, Anda dapat memilih lokasi server Anda di peta dunia. Selain itu, Anda juga dapat memilih server dengan basis beberapa fitur yang tersedia, seperti untuk mengunduh P2P atau menonton Netflix. Anda bisa menemukan server-server spesial di bawah tab “speciality servers”. Pilihan lain adalah memilih server tercepat untuk lokasi Anda melalui quick connect. Anda juga dapat membuat daftar server berbasis negara yang kontennya ingin Anda streaming.

    Aplikasi ini stabil dan cepat. Akan lebih baik jika mereka memiliki uji kecepatan sendiri supaya Anda dapat mencari server tercepat sendiri. Namun, kami tidak terlalu mengkhawatirkan hal ini karena NordVPN mampu mencari server yang sangat cepat untuk Anda.

    Terlepas dari peta dunia, Anda juga bisa memilih server Anda menurut daftar alfabetikal server yang ada. Jika Anda memilih sebuah negara, Anda dapat memilih dari antara beragam server yang tersedia di negara tersebut. Dengan ini Anda dapat memilih server lain secara manual jika Anda terkena blokir dengan satu server oleh situs atau layanan streaming yang ada. Daftar server juga memperlihatkan jarak antara lokasi Anda dengan lokasi server. Lebih dari itu, mereka juga akan memberitahu Anda jika server sedang digunakan oleh banyak pengguna lainnya atau tidak.

    Aplikasi NordVPN di iOS sangat mudah untuk digunakan dan memiliki koneksi yang stabil. Jangan lupa untuk memberi izin terhadap aplikasi supaya dapat mengakses perangkat Anda. Aplikasi mereka dapat mengatur koneksi untuk Anda. Proses untuk terhubung ke sebuah server VPN juga cepat dan mudah. Di aplikasinya, Anda juga dapat memilih tipe server VPN yang ingin digunakan dan NordVPN akan memastikan bahwa Anda terhubung ke server tercepat yang memenuhi kebutuhan Anda.

    Hampir tidak ada perbedaan antara aplikasi mobile dan perangkat lunak di desktop yang ditawarkan oleh NordVPN. Keduanya intuitif, ramah konsumen, dan memiliki tampilan yang seragam. Hal ini memberikan tampilan dan pengalaman yang bagus akan NordVPN bagi para pengguna.

    NordVPN dan Linux

    Semakin banyak orang yang mulai menggunakan VPN berbayar untuk Linux Distros. NordVPN menyadari hal ini dan berupaya lebih keras lagi untuk membuat beberapa panduan tentang tata cara penggunaan server NordVPN melalui terminal Linux. Mereka pun mempekerjakan karyawan yang cukup untuk membantu menanggapi pertanyaan-pertanyaan tentang Linux yang mungkin Anda miliki.

    Server NordVPN dapat dipasang untuk distros berbasis Debian, Fedora, dan openSUSE. Anda pun dapat terhubung dengan server QubesOS dan RHEL NordVPN. Artinya sistem Anda kemungkinan besar akan bekerja dengan server mereka. Sayangnya, tidak ada aplikasi berbasis UI untuk Linux, maka Anda harus memasang semuanya menggunakan terminal. Tentunya, mayoritas penggemar Linux tidak akan keberatan akan hal ini.

    Apapun jenis sistem yang Anda gunakan, hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengunduh tempat penyimpanan server NordVPN. Mereka tersedia dalam format .deb dan .rpm. Anda dapat memasangnya dengan menekan tombol unduh dan membukanya melalui package manager atau dengan memberikan komando di terminal. Anda juga akan menemukan panduan tahap per tahap untuk setiap distro di situs NordVPN.

    Anda juga bisa dengan mudah mengubah server DNS di Linux ke server DNS NordVPN jika Anda khawatir akan terjadinya kebocoran DNS.

    Harga dan metode pembayaran NordVPN

    NordVPN bukan layanan VPN paling murah yang ada, tapi layanan ini tentunya salah satu yang paling terjangkau, mengingat penawaran harganya saat ini. Kami tetap percaya bahwa NordVPN menawarkan manfaat yang terbaik untuk uang yang Anda keluarkan bagi layanan VPN.

    Setiap pembelian juga akan disertai garansi uang kembali 30 hari, yang sudah lebih dari cukup bagi Anda untuk menguji perangkat lunaknya dan melihat apakah cocok dengan kebutuhan Anda.

    Harga-harga yang kami cantukan dalam artikel kami adalah yang kami temukan selama melakukan ulasan tapi mungkin akan berubah tergantung jika ada diskon musiman atau faktor wilayah.

    Saat kami melihat metode-metode pembayarannya, hasilnya memuaskan secara aspek privasi. Tentunya, NordVPN menawarkan beberapa opsi pembayaran standar, termasuk kartu kredit, Google Pay, AmazonPay, ACH Transfer, atau UnionPay.

    Tapi hal yang penting adalah NordVPN juga menawarkan opsi untuk membayar menggunakan beragam cryptocurrency seperti Bitcoin, Ripple, dan Monero. Opsi-opsi ini khususnya bagus jika Anda ingin tetap (hampir) sepenuhnya anonim.

    Coba NordVPN secara gratis selama 30 hari

    NordVPN adalah penyedia VPN premium dengan harga yang terjangkau. Namun, jika ingin mendapat NordVPN secara gratis, Anda bisa memanfaatkan masa coba gratis 30 hari yang mereka tawarkan!

    Untuk melakukan ini, daftar langganan di situs NordVPN seperti biasa dan bayar biaya yang ditetapkan. Lalu, jika Anda tidak puas dengan layanannya, Anda bisa membatalkan program langganan tersebut kapan saja dalam kurun waktu 30 hari pertama untuk mendapat pengembalian uang utuh. Pada dasarnya, hal ini membuat harga NordVPN turun menjadi nol.

    Sayangnya, Anda tidak bisa mendapat NordVPN secara gratis, karena layanannya tetap menawarkan rasio harga dan manfaat yang terbaik di luar sana. Untuk instruksi yang lebih lengkap tentang cara melakukan ini, Anda bisa baca rencana tahap per tahap kami untuk menggunakan NordVPN secara gratis.

    Kami juga senang dengan proses pengembalian uangnya yang cepat dan mudah; layanan pelanggan mereka sangat responsif. Setelah riset kami untuk ulasan NordVPN ini selesai, kami tidak mendapat kendala saat ingin meminta kembali uang kami dalam hitungan beberapa hari saja.

    Layanan pelanggan

    NordVPN memiliki layanan pelanggan yang sangat baik. Jika Anda tidak bisa menemukan jawaban untuk pertanyaan Anda di basis data besar dalam situs mereka, Anda dapat langsung menghubungi mereka melalui email atau live chat. Dengan ini, Anda selalu bisa mendapatkan jawaban cepat dari pertanyaan dan kebutuhan Anda. Untuk live chat, Anda perlu untuk mengisi nama dan alamat email Anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah spam atau orang yang ingin menggunakan layanan ini secara salah.

    Jawaban dari kebanyakan pertanyaan dapat ditemukan dalam halaman FAQ. Saat kami menguji layanan pelanggan mereka, kami menyadari bahwa Anda akan mendapatkan jawaban melalui live chat dalam kurun waktu satu menit saja. Sebelumnya, kami juga menyadari bahwa beberapa pegawai NordVPN tidak terlalu mengerti informasi terkini dan hal-hal yang terjadi di dalam perusahaan. Contohnya, salah satu layanan pelanggan yang kami hubungi tidak menyadari adanya layanan NordVPN untuk bisnis. Hal ini tidak menjadi masalah pada uji coba yang kami lakukan baru-baru ini, namun kami tetap ingin menjelaskannya. Keahlian staf layanan pelanggannya bisa jadi tetap berbeda-beda.

    Secara umum, kami sangat senang dengan layanan pelanggan NordVPN. Mereka sangat mudah untuk dihubungi dan dapat membantu Anda secara langsung.


    Jaringan Server – 5.400+ Server di Seluruh Dunia

    Untuk urusan jaringan server VPN, semakin besar jaringannya semakin bagus. Punya lebih banyak server yang bisa dipilih akan meningkatkan kemungkinan Anda untuk melampaui sensor online dan membuka blokir layanan yang dibatasi secara geografis.

    Jumlah server yang banyak juga penting untuk mempertahankan kecepatan yang kuat. Saat kami menguji layanan populer yang telah membatasi jumlah server mereka, kami menemukan bahwa kecepatannya lebih lambat. Server VPN yang penuh pada saat masa sibuk dapat memperlambat Anda, seperti layaknya macet di jalan tol.

    Selain server “reguler” mereka, NordVPN juga menyediakan opsi-opsi khusus untuk Netflix, traffic P2P, dan hal lainnya bagi pengguna. Jaringan NordVPN mendapat nilai 9/10 pada penilaian ulasan NordVPN kami.

    Beberapa poin yang perlu diingat di sini:

    • NordVPN saat ini memiliki 5.400+ server di 60 negara.
    • NordVPN bekerja dengan Netflix AS.
    • Layanannya memungkinkan torrenting (dan punya server P2P khusus).
    • Anda bisa mendapat alamat IP khusus pada lokasi server yang terbatas.

    Server dan lokasi NordVPN

    NordVPN saat ini memiliki 5.400+ server di 60 negara. Sebagai perbandingan, CyberGhost memiliki 6.000+ server, sedangkan Surfshark dan ExpressVPN punya 3.000+.

    Mereka merupakan beberapa penyedia VPN terbaik kami, maka penawaran NordVPN sudah lebih cukup bagi kami. Anda dapat menemukan server mereka di negara-negara berikut ini.

    • Amerika: Amerika Serikat, Argentina, Brazil, Chile, Kanada, Kosta Rika, dan Meksiko.
    • Eropa: Albania, Austria, Belanda, Belgia, Bosnia-Herzegovina, Bulgaria, Cyprus, Denmark, Estonia, Finlandia, Georgia, Hungaria, Inggris, Irlandia, Islandia, Italia, Jerman, Kroasia, Latvia, Luxemburg, Makedonia Utara, Moldova, Norwegia, Polandia, Portugal, Perancis, Republik Ceko, Romania, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Ukraina, dan Yunani.
    • Asia-Pasifik: Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.
    • Afrika, Timur Tengah, dan India: Afrika Selatan, India, Israel, Turki, dan Uni Emirat Arab.

    Tip bonus: NordVPN menawarkan banyak server yang bisa dipilih secara manual

    Berikut ini mungkin hal yang tidak banyak disadari pengguna, tapi NordVPN memungkinkan penggunanya untuk secara manual memilih dari banyaknya opsi server di banyak negara.

    Hal ini yang membedakan NordVPN. Bahka penyedia premium tertentu hanya memungkinkan Anda untuk memilih dari beberapa server saja di setiap wilayah/negara. Beberapa penyedia bahkan tidak menyediakan pilihan ini sama sekali, mereka secara acak memberikan server di negara Anda.

    Kami melihat adanya manfaat langsung dari fitur ini saat ingin streaming dan mengakses konten yang diblokir secara geografis. Jika satu server tidak bekerja dengan stream Anda, atau jika tidak cukup cepat, Anda bisa dengan mudah memilih server lain. Setiap lokasi punya puluhan atau bahkan ratusan server yang tersedia!

    1. Gulir ke bawah di bagian abu-abu pada sisi kiri interface NordVPN.
    2. Anda sekarang bisa melihat daftar panjang negara-negara dengan bendera mereka. Pilih salah satu negara sampai muncul elipsis.
    3. Dengan menekan salah satu negara Anda bisa secara manual memilih server.

    Mungkin tidak mengherankan bahwa NordVPN punya jumlah server yang banyak di Amerika Serikat. Tapi bahkan di negara yang relatif kecil seperti Belanda, NordVPN punya banyak server, seperti yang bisa Anda lihat di bawah!

    Hal ini bisa berguna untuk hal-hal seperti penggunaan NordVPN dengan Netflix, karena layanannya akan melampaui batasan regional.

    NordVPN dan streaming (Netflix, Disney Plus, Hulu, BBC iPlayer)

    Kami senang streaming, dan menurut kami seseorang tidak seharusnya dilarang mengakses konten yang ingin mereka tonton.

    Fitur SmartPlay NordVPN menggabungkan ketangkasan SmartDNS dan perlindungan VPN. Hal ini memungkinkannya untuk membuka blokir berbagai layanan streaming di mana saja di dunia.

    Saat kami menguji layanan ini sebagai bagian dari ulasan NordVPN, kami mampu membuka blokir Netflix, Hulu, Crunchyroll, HBO Max, BBC iPlayer, dan banyak platform lain.

    PlatformBisakah NordVPN membuka blokirnya?
    Netflix
    Disney Plus
    Hulu
    BBC iPlayer
    Prime Video

    Berdasarkan hasil ini, kami bisa menyatakan bahwa Nord tentunya adalah salah satu VPN terbaik untuk Netflix. Kami menikmati streaming bebas lag secara HD, dari wilayah mana pun tempat kami melakukan tes tersebut. Seperti yang disebutkan sebelumnya, NordVPN punya kecepatan tinggi untuk memastikan pengalaman streaming yang mulus.

    Dengan upaya ganda Netflix untuk menyaring VPN, daftar VPN yang bisa membuka blokir semakin kecil setiap harinya. NordVPN adalah salah satu penyedia langka yang mampu digunakan untuk streaming dan tetap bisa diandalkan dalam mengakses Netflix AS. Layanannya mungkin beberapa kali hanya bisa tersaingi oleh Surfshark, penyedia yang tampaknya sering melampaui blokir geografis Netflix menggunakan mode No Borders miliknya.

    Sikap NordVPN tentang torrenting

    NordVPN adalah alat yang sempurna bagi torrenter yang sering menggunakan uTorrent atau platform P2P populer lainnya. Selain mengizinkan torrenting, Nord juga menawarkan server P2P khusus. Pada server-server tersebut, kami mendapat kecepatan yang tinggi tanpa batasan apa pun.

    Di bawah menu Specialty server, Anda bisa memilih P2P yang tersedia. Aplikasinya memungkinkan Anda untuk memilih berdasarkan negara tertentu dan server individu yang terletak di sana. Kami khususnya senang dengan indikator beban server, yang seharusnya mencegah lag akibat kepadatan server.

    Jika Anda hanya ingin kecepatan mentahnya, sebaiknya pilih opsi “tercepat” di kedua bidang tersebut.

    Kami menyarankan penggunaan tombol mati daya internet NordVPN untuk memastikan pengunduhan yang aman dan anonim. Kehilangan perlindungan VPN dan kebocoran IP asli Anda di tengah proses pengunduhan adalah resiko yang tidak ingin kami ambil.

    NordVPN, tentunya, adalah salah satu VPN terbaik untuk torrenting. Namun, kami tidak pernah menyarankan atau membenarkan pengunduhan ilegal. Pembajakan konten bisa berakibat pada beberapa masalah hukum yang serius, termasuk denda dan bahkan hukuman penjara di beberapa negara.

    Alamat IP khusus

    NordVPN memiliki layanan IP khusus. Ini artinya Anda bisa mendapat alamat IP khusus beserta program langganan NordVPN Anda. Mengapa Anda perlu alamat IP khusus, dan apa manfaatnya? Kami akan fokus pada dua manfaat utamanya bagi pengguna VPN:

    • Lebih rendah resiko bagi Anda untuk terkena blokir saat menggunakan VPN untuk buka blokir streaming atau situs lain
    • Anda tidak perlu bersaing untuk traffic, yang bisa berakibat pada koneksi yang lebih lambat

    Alamat IP khusus NordVPN semuanya bekerja dengan protokol OpenVPN dan dikenakan harga $70 per tahun. Anda bisa menggunakan alamat IP khusus mereka pada dua perangkat sekaligus.

    Untuk mendapat IP khusus dengan NordVPN, langsung ikuti tahap-tahap berikut ini:

    1. Buat akun baru di situs NordVPN (beserta akun normal yang sudah Anda miliki).
    2. Pilih sebuah metode pembayaran.
    3. Klik teks “Got a coupon?” di halaman pembayaran dan tambahkan kode kupon NordVPN “norddedicatedip”. Anda sekarang secara otomatis akan mendapat diskon untuk program langganan Anda, sehingga biayanya $70 per tahun.
    4. Selesaikan tahap-tahap berikutnya dari proses ini.
    5. Hubungi tim NordVPN via live chat atau email dan minta mereka untuk memberikan alamat IP khusus Anda.

    Saat ini ditulis, mereka hanya menawarkan alamat IP di lokasi server berikut:

    • Amerika Serikat
    • Kanada
    • Jerman
    • Inggris
    • Belanda
    • Perancis
    • Jepang
    • Australia
    • Italia
    • Swedia

    Penting untuk memahami bahwa hal ini akan menambah tagihan keseluruhan NordVPN Anda yang perlu dibayar per tahun.


    Merger NordVPN dengan Surfshark

    Pada tahun 2022, Nord Security, yang dimiliki oleh NordVPN, bergabung dengan Surfshark. Merger ini telah dikonfirmasi dan diumumkan oleh kedua belah pihak. Baik Surfshark maupun NordVPN menegaskan kembali bahwa kedua VPN akan beroperasi secara independen. Kami terus menyarankan penggunaan kedua penyedia VPN ini berdasarkan kekuatannya masing-masing, dan kami mengulasnya secara terpisah.

    Kedua perusahaan juga menyatakan bahwa merger tersebut tidak punya pengaruh terhadap cara mereka mengelola data pengguna. Menurut siaran pers, merger akan memungkinkan kedua belah pihak untuk berbagi pengetahuan teknis dan lebih fokus pada diversifikasi pasar.


    Pengalaman Kami dengan NordVPN

    Sampai saat ini, kami telah menerbitkan lebih dari 75 ulasan VPN sebagai upaya untuk mempromosikan kesadaran dan pilihan konsumen untuk urusan keamanan online. Seperti yang bisa Anda lihat dari ulasan NordVPN kami, penyedia ini adalah salah satu VPN terbaik yang Anda bisa temukan saat ini.

    Kecepatan dan keamanan, dua kekhawatiran utama saat memilih VPN, terjamin dengan penyedia ini. Tim di balik NordVPN bahkan melakukan hal di luar ekspetasi, yaitu mencari bugs melalui program bug bounty dan mengambil langkah besar untuk pindah ke colocated VPN server yang mereka miliki sepenuhnya. Jelas bahwa keamanan pengguna tidak dianggap sepele oleh NordVPN.

    Gabungkan faktor-faktor ini dengan perangkat lunak layanannya yang penuh fitur dan ramah konsumen, maka mudah untuk paham alasan NordVPN menjadi kesukaan pengguna di seluruh dunia. Kami sulit untuk menemukan kelemahan dari setiap aspek layanan ini, kecuali diperlukannya aksesibilitas bahasa yang lebih luas.

    Namun, kami percaya dengan adanya pilihan – mengingat banyaknya VPN di luar sana. Di bawah ini, kami menjelaskan perbandingan singkat supaya Anda bisa melihat perbandingan layanan ini dengan beberapa pesaingnya.


    NordVPN: Perbandingan Singkat

    Dibandingkan dengan VPN lain, NordVPN adalah pesaing yang kuat. Bukan hanya penawaran harganya cukup terjangkau, tapi VPN ini juga merupakan salah satu VPN yang kualitasnya lebih bagus. Jika Anda ingin mencari tahu seberapa bagus NordVPN dibandingkan dengan VPN top lainnya, lihat artikel-artikel di bawah ini:

    Takeaway kunci

    • NordVPN menawarkan kecepatan yang luar biasa dan fitur keamanan terbaik
    • NordVPN mampu membuka blokir Netflix dan platform streaming lain
    • Kami khususnya senang dengan interface-nya yang mulus dan ramah bagi pemula serta panduan web-nya
    • Jaringan servernya besar: 5.400+ server di 60+ negara
    • Opsi tambahan seperti NordPass dan NordLocker bagus untuk meningkatkan keamanan online
    • NordLayer adalah solusi bisnis premium untuk keamanan akses jaringan
    NordVPN: Tanya Jawab

    Sedang mencari jawaban singkat untuk pertanyaan Anda terkait NordVPN? Lihat bagian di bawah ini. Klik pada pertanyaan untuk melihat jawabannya.

    Apakah NordVPN memiliki versi gratis?

    Tidak, sayangnya NordVPN tidak menawarkan versi gratis. Namun, NordVPN memiliki penawaran garansi uang kembali 30 hari yang memungkinkan Anda untuk mencoba layanannya selama 30 hari.

    VPN gratis tidak selalu sesuai dibanding dengan pilihan VPN berbayar. VPN gratis sering kali punya batasan data atau kecepatan, yang menjadikannya tidak cocok untuk streaming, contohnya.

    Tetap ingin mencoba VPN gratis? Lihat artikel kami: VPN gratis terbaik.

    Apakah NordVPN aman?

    NordVPN adalah salah satu VPN terbaik dalam aspek keamanan. Penyedia ini menggunakan OpenVPN, di antara protokol VPN lainnya. Menurut banyak pakar keamanan cyber, protokol enkripsi ini adalah protokol VPN yang paling aman saat ini.

    Lebih dari itu, kebijakan no log NordVPN menyediakan tingkat privasi paling tinggi. Terakhir, NordVPN menawarkan beberapa fitur keamanan ekstra, seperti tombol mati daya, koneksi VPN ganda dan Onion over Tor.

    Apakah NordVPN membuka blokir Netflix?

    NordVPN bekerja secara baik dengan Netflix dan memungkinkan Anda untuk nonton konten Netflix dari berbagai negara. Anda dapat menggunakan NordVPN untuk nonton Netflix AS saat sedang berada di luar negeri untuk urusan bisnis atau liburan, atau untuk mengakses Netflix versi Italia, contohnya.

    Jika Anda mengalami masalah saat ingin mengakses Netflix, Anda bisa coba terhubung ke server yang berbeda, menghubungi layanan pelanggan NordVPN atau mencoba server yang telah digelapkan atau alamat IP khusus.

    Bisakah saya mengunduh torrent dengan NordVPN?

    Tentu saja bisa. Faktanya, NordVPN menawarkan server P2P khusustraffic peer to peer yang dioptimalkan, untuk tujuan ini. Anda akan menemukannya di bagian menu utama dari aplikasi NordVPN (di bagian kiri layar).

    Apakah NordVPN menawarkan alamat IP khusus?

    Ya, NordVPN menawarkan alamat IP khusus di negara-negara berikut ini: Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Belanda dan Perancis.

    Supaya bisa mendapat IP khusus, Anda perlu membuat sebuah akun baru dengan kode kupon spesial, lalu menghubungi tim bantuan NordVPN untuk mengaktifkan IP khusus Anda.

    Berapa harga program langganan NordVPN?

    NordVPN adalah sebuah penyedia VPN yang sangat terjangkau, khususnya jika Anda mempertimbangkan kualitas bagus dan banyaknya penawaran fitur ekstra yang mereka tawarkan. Anda bisa mendapatkan program langganan NordVPN hanya dengan harga $3,19 per bulan dengan garansi 30 hari uang kembali.

    Opini Pribadi Para Ahli VPNOverview

    “Cepat, aman, dan menawarkan jaringan server yang luas. VPN terbaik secara keseluruhan.”
    9,3
    David Janssen
    David Janssen
    Analisis Keamanan Cyber
    Kami selalu senang dengan NordVPN. Enkripsinya, layanannya yang ramah konsumen, dan harganya selalu memiliki standar yang bagus. Pada tahun-tahun awal, kekurangan terbesar mereka adalah kecepatan. Kecepatan koneksi di Eropa Barat tidak sebanding dengan kecepatan yang mereka tawarkan kepada pengguna di Amerika Serikat. Namun, NordVPN telah banyak berinvestasi untuk meningkatkan kualitas jaringan server mereka beberapa tahun belakangan ini. Hasilnya adalah kualitas kecepatan bagus yang kami rasakan pada saat uji coba terbaru. Sekarang NordVPN tentunya cocok untuk menetapi posisi di antara penyedia VPN terbaik.
    Tove Marks
    Tove Marks
    Jurnalis Teknologi
    Tampilan perangkat lunak NordVPN sangat memukau saya karena menenangkan dan sangat jelas. Tentunya penawaran harga mereka adalah kelebihan terbesar mereka. VPN ini adalah salah satu VPN premium termurah saat ini. Secara pribadi, saya mungkin tidak menilik ke dalam semua opsi keamanan tambahan mereka namun saya senang dengan adanya opsi tersebut jika saya membutuhkannya. Saya pastinya akan merekomendasikan NordVPN.
    Tinggalkan komentar