Kita ExpressVPN skor

  • Kecepatan
    9.0
  • Keamanan
    9.0
  • Kegunaan
    9.0
  • Server
    8.5
  • Ulasan ExpressVPN (Mar 2023): Mahal, Tapi Berkualitas Tinggi

    Sejak peluncurannya pada tahun 2019, ExpressVPN berhasil mencapai puncak pasar VPN. Layanan ini punya reputasi performa yang baik dan keamanan tingkat tinggi. Layanannya juga tetap ramah bagi pemula dan menawarkan beberapa fitur menarik bagi pengguna yang berpengalaman.

    Dengan lebih dari tiga juta pengguna di seluruh dunia, ExpressVPN pantas mendapat perhatian kita. Apa layanan ini tetap bisa membenarkan penawaran harganya yang tinggi di tahun 2023? Apa perubahan hak milik layanan ini mempengaruhi tingkat performa dan privasinya?

    Kami melakukan pengujian lengkap untuk melihat kemampuan ExpressVPN. Baca ulasan lengkap kami tentang ExpressVPN di bawah ini untuk tahu semua hasil pengujian dan keseluruhan pengalaman kami dengan VPN ini.


    ExpressVPN: Ulasan Singkat

    ProKontra
    Protokol koneksi yang solidTidak ada IP khusus
    Enkripsi AES-256Mahal
    Kebijakan logging yang luar biasaTim layanan pelanggan tidak bisa mengatasi masalah yang terlalu teknis
    Tombol mati daya otomatisBagian FAQ di situs kurang lengkap
    Mudah dipasang dan digunakan 
    Jaringan server yang besar 
    Teknologi TrustedServer 
    Server yang disamarkan 
    Bekerja dengan Netflix dan platform streaming lain 
    Torrenting diizinkan 
    Layanan pelanggan 24/7 (termasuk live chat) 
    Garansi uang kembali 30 hari 
    Menerima Bitcoin 

    ExpressVPN merupakan layanan ramah bagi pemula yang menduduki peringkat atas di pasar VPN. Layanan ini menawarkan aplikasi intuitif yang mudah dipasang dan digunakan. Mereka punya koleksi protocol VPN yang luar biasa, termasuk pilihan kepemilikan yang super cepat yaitu “Lightway”. Enkripsi AES-256 menyediakan keamanan tingkat tinggi.

    ExpressVPN menawarkan 3000+ server di 94 negara. Perusahaannya tidak menyimpan log aktivitas apa pun atau data lain milik Anda yang dapat disalahgunakan. Beberapa fitur yang bagus untuk dimiliki adalah server yang disamarkan, teknologi TrustedServer, dan split tunneling. Layanan ini bahkan bisa digunakan untuk membuka blokir Netflix Amerika Serikat dan banyak platform lainnya yang dibatasi secara geografis.

    Meskipun ada fitur-fitur bagus itu, penawaran harganya tetap dinilai cukup tinggi. Akuisisi oleh Kape Technologies baru-baru ini dan pilihan Kepala Petugas Informasi layanan ini juga menimbulkan keraguan.

    Spesifikasi ExpressVPN
    💵 Harga Mulai dari $6,67 per bulan
    📱 Sistem operasi Windows, iOS, Android, Linux, Mac
    💻 Koneksi 5
    💳 Metode pembayara Paypal, Cryptocurrency, Lain, Kartu kredit
    🔒 Protokol Lightway, IKEv2, L2TP/IPsec, OpenVPN
    📥 Opsi torrent Torrenting diizinkan
    📅 Jaminan uang kembali Garansi uang kembali
    📋 Log Tidak ada log
    🎬 Bekerja dengan Bekerja dengan Netflix Bekerja dengan HBO Bekerja dengan Disney+ Bekerja dengan Kodi Bekerja dengan BBC Bekerja dengan Torrent Bekerja dengan Gaming

    Kecepatan – Seberapa Cepat ExpressVPN?

    Score scale 9/10

    Jika koneksi internet Anda tidak cukup cepat, Anda bisa mengalami lag saat mengunduh, streaming, atau gaming. Maka, kami menguji semua kecepatan VPN untuk memeriksa apakah dan sejauh mana mereka memperlambat koneksi Anda. Selama pengujian kami, ExpressVPN bekerja dengan sangat baik, sehingga kami berikan nilai 9/10 untuk aspek kecepatan.

    Berikut kesimpulan utama kami tentang kecepatan ExpressVPN:

    • Kami dapat mempertahankan porsi kecepatan internet yang cukup saat menggunakan ExpressVPN.
    • Tidak ada perubahan kecepatan yang mencolok selama penggunaan harian.
    • ExpressVPN menawarkan tes kecepatan sendiri.

    Hasil tes kecepatan ExpressVPN

    Kami menguji ExpressVPN dari Belanda. Tergantung pada koneksi dan lokasi, Anda mungkin akan mendapat hasil yang berbeda. Maka, tabel di bawah ini hanya memberi indikasi potensi performa.

    Berikut hasil tes kecepatan ExpressVPN kami:

    ServerDownload (Mbps)Upload (Mbps)Ping (ms)
    Tidak ada VPN203,46248,394
    Lokasi Tercepat (Rotterdam)191,76232,397
    Belanda (Amsterdam)191,16232,937
    Jerman (Frankfurt am Main)190,11226,7512
    Spanyol (Madrid)190,32189,6639
    Meksiko (Kota Meksiko)135,06125,57163
    Prancis (Paris)191,84231,8121
    Italia (Milan)191,44230,0130
    Inggris Raya (London)190,88231,9214
    Amerika Serikat Timur (New York)170,78174,5193
    Amerika Serikat Barat (Los Angeles)135,29105,92141
    Kanada (Toronto)136,84132,12136
    Brasil (São Paulo)129,6266,43216
    Afrika Selatan (Johannesburg)115,135,21185
    Argentina (Buenos Aires)117,4680,45245
    Portugis (Lisboa)187,560,548
    Jepang (Tokyo)123,7183,14224
    Australia (Melbourne)112,492,78244

    Seperti yang bisa dilihat, kecepatan kami turun sedikit (bahkan pada server local). Namun, kecepatan sisanya sangat stabil dan bagus serta memungkinkan kami untuk menikmati internet tanpa banyak delay — kami dapat melakukan apa saja mulai dari streaming sampai main Diablo 2 online.

    Selama tes, kami tidak mengalami putus koneksi, gangguan lag, atau anomali lainnya. Semuanya terasa mulus meskipun ping relative tinggi. Kami bisa terhubung ke server apa pun dalam hitungan detik.

    Kecepatan selama penggunaan harian

    ExpressVPN memberikan kecepatan yang solid selama penggunaan sehari-harinya. Kami sama sekali tidak mengalami lag saat browsing atau bekerja pada situs kami setiap hari. Straming dan pengunduhan juga tidak menjadi masalah. Kami bisa nonton video di YouTube dan menggunakan Netflix tanpa masalah.

    Saat menggunakan server yang disarankan, kami juga tidak mengalami lag saat gaming. Namun, dalam kasus ini, penting untuk terhubung ke server yang tidak terlalu jauh dari lokasi asli Anda. Secara keseluruhan, ExpressVPN adalah VPN yang bagus untuk gaming.

    Secara umum, kami dapat mempertahankan kecepatan internet yang tinggi saat meggunakan ExpressVPN, tanpa penurunan kecepatan yang melemahkan. Dengan koneksi cepat, Anda tidak akan merasakan adanya ExpressVPN. Satu-satunya kasus di mana kami tidak menyarankan Express adalah jika kecepatan koneksi Anda sudah sangat rendah dan Anda ingin melakukan aktivitas berat di internet, seperti streaming atau gaming.

    Tes kecepatan milik ExpressVPN

    Aplikasi ExpressVPN juga punya tes kecepatan sendiri. Jika Anda klik opsi “Speed Test,” Anda bisa menguji kecepatan Anda pada semua lokasi server atau yang disarankan. Hanya butuh beberapa detik dan hanya akan bekerja saat VPN Anda tidak terhubung.

    Tes tersebut akan menunjukkan latency Anda, yang juga dikenal sebagai ping dalam gaming. Tes juga akan menampilkan daftar kecepatan pengunduhan dan sebuah indeks kecepatan umum. Di situs ExpressVPN, Anda akan temukan panduan mudah yang menjelaskan alat ini dan membantu Anda menentukan pilihan terbaik untuk server.

    ExpressVPN Review Speed Test Results

    Keamanan – Seberapa Aman ExpressVPN?

    VPN yang solid seharusnya membuat aktivitas browsing anonim dan melindungi Anda dari pengawasan. Mereka melakukannya dengan menyembunyikan IP asli Anda, mengenkripsi traffic Anda, dan tidak mencatat data Anda. ExpressVPN sangat bagus dalam hal-hal ini, dan disertai dengan kebijakan privasi yang transparan dan alat-alat keamanan yang terkenal. Maka dari itu layanannya mendapat nilai 9/10 untuk aspek keamanan online.

    Berikut gambaran singkat tentang fitur-fitur keamanan ExpressVPN:

    • ExpressVPN menggunakan enkripsi 256-bit.
    • Layanannya mendukung protokol OpenVPN, L2TP/IPSec, IKEv2, dan Lightway.
    • Meskipun kontroversi baru-baru ini, ExpressVPN tetap berpegang pada kebijakan “no log” mereka.
    • ExpressVPN memiliki tombol mati daya otomatis.
    • Fitur penyamaran milik ExpressVPN bekerja secara otomatis, tapi sulit untuk ditemukan.
    • Untuk membuat akun, Anda hanya butuh alamat email dan jenis metode pembayaran.

    Protokol

    Fleksibilitas dan performa VPN Anda sangat bergantung pada protokol VPN yang digunakan. Mereka menjamin kecepatan yang konsisten dan memungkinkan Anda untuk melampaui sensor online dan membuka blokir Netflix Amerika Serikat, contohnya. Setiap tunnel VPN punya kelebihan dan kekurangan sendiri, sehingga ada baiknya untuk punya lebih banyak opsi yang bisa dipilih.

    ExpressVPN mendukung protokol-protokol berikut:

    • OpenVPN (TCP/UDP): Ini opsi open source yang paling populer dan punya keseimbangan aspek kecepatan-keamanan yang luar biasa. Ini adalah protokol serba guna yang memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna VPN. Gunakan TCP untuk melampaui rintangan seperti Great Firewall of China. UDP ideal untuk streaming, video conferencing yang aman, dan tugas lainnya yang membutuhkan kecepatan tinggi.
    • L2TP/IPSec: Tunnel VPN yang cepat dan cukup aman serta membutuhkan banyak sumber daya dan mudah diblokir. Kami tidak menyarankan opsi ini kecuali Anda punya kecepatan internet yang tinggi, dan bahkan jika Anda punya hal itu opsi ini sebaiknya hanya menjadi pilihan terakhir saat OpenVPN dan Lightway tidak tersedia.
    • IKEv2: Protokol ini sangat cepat dan lebih sedikit menguras CPU dibanding OpenVPN. Opsi ini cocok untuk pengguna mobile karena bisa pindah antara jaringan mobile dan Wi-Fi tanpa memutus koneksi Anda dan menyebabkan resiko kebocoran data.
    • Lightway (TCP/UDP): Ini protokol milik ExpressVPN sendiri, yang mencerminkan kecepatan WireGuard serta menambahkan dukungan TCP, penyamaran, dan privasi yang lebih baik. Protokol ini telah diaudit secara independen oleh Cure53. Mirip dengan IKEv2, Lightway tidak akan berhenti bekerja saat Anda berpindah antar jaringan atau hilang sinyal. Bukannya diputus, melainkan koneksi Anda akan menganggur sampai Anda bisa terhubung kembali ke server ExpressVPN yang sama. Dengan 2.000 baris kode, Lightway menghembat baterai Anda, menggunakan lebih sedikit daya CPU, dan mengurangi kerentanan menjadi target peretas.
    Screenshot of ExpressVPN, Protocols settings window

    ExpressVPN menggunakan AES-256 cipher untuk mengacak traffic online Anda. Ini merupakan metode enkripsi yang paling aman saat ini. Metode ini juga digunakan oleh militer, bank, rumah sakit, dan institusi lain yang perlu melindungi data yang sangat sensitif.

    Selain AES, Lightway juga mendukung ChaCha20 cipher. Namun, AES punya akselerasi hardware yang luar biasa dan akan tersedia pada sebagian besar perangkat Anda. Maka, Lightway akan menggunakan ChaCha20 hanya pada perangkat seluler tingkat dasar dan router berdaya rendah.

    Screenshot of ExpressVPN, Lightway encryption

    Jika bingung menentukan protokol yang terbaik, Anda bisa membiarkan ExpressVPN client untuk memilih secara otomatis. Layanannya akan menentukan opsi terbaik berdasarkan kecepatan koneksi, lokasi, dan konfigurasi hardware Anda.

    Logging dan privasi

    ExpressVPN berbasis di Kepulauan Virgin Britania Raya. Meskipun namanya dan status formalnya sebagai bagian dari Inggris, wilayah ini memiliki legislasi sendiri. Tidak adanya undang-undang tentang kewajiban penyimpanan data menjadikan lokasi ini ramah VPN. Wilayah ini juga bukan anggota aliansi Mata.

    ExpressVPN sama sekali tidak menyimpan log berbahaya tentang pengguna. Ini cukup menguntungkan, karena Mahkamah Agung wilayah tersebut dapat memerintahkan perusahaan untuk mengungkap catatan pelanggan mereka. Bahkan jika hal itu terjadi, ExpressVPN tidak akan punya alamat IP, traffic data, riwayat browsing, atau permintaan DNS untuk diserahkan. Dengan kata lain: mereka tidak mengumpulkan hal yang dapat mengidentifikasi Anda atau menghubungkan traffic Anda kepada diri Anda.

    Meskipun begitu, berikut informasi yang ExpressVPN kumpulkan:

    • Informasi pribadi: Email dan metode pembayaran (tetap anonim dengan menyediakan email yang baru dibuat dan membayar program langganan Anda menggunakan Bitcoin)
    • Statistik keseluruhan penggunaan VPN: Versi aplikasi Anda, koneksi yang berhasil pada hari tertentu (tanpa menyebutkan waktu), negara/ISP Anda (tapi bukan IP asli Anda), server VPN yang Anda gunakan (tapi bukan IP yang digunakan), dan total jumlah data yang dikirim
    • Diagnostik aplikasi anonim: Diagnostik koneksi VPN, diagnostic kegunaan, hasil tes kecepatan, dan laporan kerusakan (membagi data ini opsional dan Anda bisa mematikannya kapan saja)
    • Catatan layanan pelanggan: Koresponden apa pun dengan layanan pelanggan ExpressVPN serta negara, sistem operasi, dan data lain milik Anda yang dapat membantu penanganan masalah

    Ini kebijakan privasi yang solid dan menjadikan Express salah satu dari VPN no log yang langka. Mereka mengumpulkan beberapa data yang tidak berbahaya untuk menjaga jalannya layanan, tapi tidak akan membahayakan Anda. Berikut penjelasan ExpressVPN:

    “Kami mungkin tahu BAHWA seorang pelanggan telah menggunakan ExpressVPN, tapi kami tidak pernah tahu BAGAIMANA mereka telah menggunakan Layanan kami… ExpressVPN tidak mengumpulkan alamat IP, riwayat browsing, traffic data, atau permintaan DNS apa pun yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi pengguna spesifik mana pun.”

    Anda punya hak untuk mengakses, mengirim, mengkoreksi, menghapus, dan menolak cara data pribadi Anda diproses. Anda hanya perlu menghubungi perusahaannya di support@expressvpn.com dan menjelaskan hal yang ingin Anda lakukan.

    Kontroversi Daniel Gericke

    Kepala Petugas Informasi ExpressVPN, Daniel Gericke, dikenakan denda oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat atas perannya dalam proyek “Raven” Uni Emirat Arab (UEA). Sebagai peretas bayaran UEA, dirinya diduga terlibat dalam serangan peretasan terhadap warga negara Amerika, lawan politik UEA, dan aktivis hak asasi manusia. Meskipun hal ini terjadi sebelum keterlibatan Gericke dengan ExpressVPN, keterlibatannya dalam praktek pengawasan ini menyebabkan kekhawatiran di dalam komunitas pengguna.

    Dalam pernyataan resminya, ExpressVPN mendukung Kepala Petugas Informasi mereka. Mereka mengutuk proyeknya, tapi menyebutkan bahwa “mempekerjakan seorang mantan pelaku (peretasan) adalah bentuk pertahanan terbaik.” Kebenaran hal ini hanya bisa dibuktikan seiring berjalannya waktu.

    Kape Technologies mengakuisisi ExpressVPN

    Pada bulan September 2021, Kape Technologies mengumukan akuisisinya ExpressVPN seharga $936 juta. Kape Technologies juga pemilik dari CyberGhost, Private Internet Access, dan beberapa VPN lain. Menurut pihak-pihak yang terlibat, akuisisi ExpressVPN seharusnya tidak mempengaruhi operasi independennya.

    Tim kami saat ini sedang menyelidiki dampak potensial dari perkembangan terbaru ini. Saat ini, kami tidak punya bukti bahwa privasi dan keamanan ExpressVPN telah terpengaruh. Kami akan melanjutkan penyelidikan kami dan membagikan penemuan terbaru kami dengan Anda.

    Tombol mati daya

    VPN apa saja bisa mengalami malfungsi dan memutus koneksi atas dasar alasan apa pun. Bahkan stutter dua detik saja sudah cukup untuk membuat IP asli Anda bocor. Itu sebabnya sebagian besar VPN menerapkan tombol mati daya. Fail-safe ini memblokir semua traffic internet sampai perlindungan VPN Anda pulih.

    ExpressVPN memiliki tombol mati daya otomatis di Windows, Mac, Linux, dan router. Mohon diingat bahwa mereka menyebutnya sebagai “Network Lock,” yang merupakan nama mewah untuk tombol mati daya. Meskipun kami tidak menyarankan ini, Anda bisa mematikannya di Windows, Mac, dan Linux (namun tidak di router).

    Screenshot of ExpressVPN, General settings window

    Aplikasi Android ExpressVPN punya fitur yang mirip, meskipun tidak diberi nama Network Lock. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memblokir internet saat Anda tidak bisa terhubung atau kembali terhubung ke VPN. Fitur ini juga mendukung upaya yang menjamin anti bocor yang selalu memblokir semua traffic non-VPN. Namun, hal ini akan memblokir beberapa fitur VPN, seperti split tunneling.

    Beberapa situasi di mana tombol mati daya Anda mungkin akan aktif adalah:

    • Berpindah antar jaringan Wi-Fi dengan protokol yang tidak bisa mempertahankan koneksi
    • Sinyal flicker atau pemadaman sesaat oleh penyedia layanan internet (ISP)
    • Menutup laptop atau membuat computer Anda dalam mode tidur
    • Menyalakan atau mematikan koneksi Anda

    Penyamaran

    ExpressVPN dipasarkan sebagai “VPN siluman”, yang berarti setidaknya ada beberapa servernya yang menyediakan hal yang disebut teknologi “penyamaran”. Fitur ini menyembunyikan traffic VPN Anda supaya terlihat seperi browsing biasa.Teknologi ini memiliki banyak penerapan, mulai dari membuka blokir Netflix sampai dengan mengatasi sensor online. Dengan server yang disamarkan, bahkan deep packet inspection tidak akan bisa “melihat” bahwa Anda sedang menggunakan VPN.

    Meskipun begitu, informasi tentang teknologi penyamaran ExpressVPN ini ternyata sangat sedikit. Kami tidak menemukan blog, panduan pemasangan, dan informasi tentangnya. Hal ini mengejutkan, karena penyedia lain menawarkan penjelasan semacam ini. Dengan Surfshark, contohnya, penyamaran (yang mereka sebut “Kamuflase”) menyala secara otoamtis saat Anda beralih ke OpenVPN.

    Tentunya, kami mencoba untuk menghubungi layanan pelanggan tentang hal ini tapi mereka tidak banyak menawarkan bantuan.

    Screenshot of ExpressVPN, Live Chat obfuscation fails

    Setelah melakukan beberapa hal teknis, kami sadar bahwa ExpressVPN memang memiliki fitur ini. Fitur ini hanya aktif secara otomatis saat mendeteksi deep packet inspection. Semuanya terjadi tanpa Anda sadari.

    Kami tentunya berharap ExpressVPN akan menjelaskan lebih dalam tentang teknologi penyamaran mereka. Anda seharusnya tidak perlu melakukan banyak hal hanya untuk mengkonfirmasi adanya sebuah fitur tertentu.

    Password manager

    ExpressVPN juga memiliki password manager bernama “ExpressVPN Keys”. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat kata sandi yang kuat dan menyimpannya dalam tempat penyimpanan digital yang aman. Pengelola ini menggunakan enkripsi zero-knowledge, yang berarti Anda satu-satunya orang yang punya akses ke informasi login Anda.

    Seperti layaknya sebagian besar password manager premium, Keys memungkin Anda untuk menyalin kata sandi Anda di mana pun dengan beberapa klik saja. Anda bisa menyimpan login sebanyak-banyaknya, sehingga Anda tidak pernah perlu mengingat kata sandi lagi selamanya.

    ExpressVPN Keys saat ini tersedia sebagai browser extension Chrome untuk Windows, Mac, dan Linux. Layanan ini juga terintegrasi ke dalam aplikasi Android dan iOS ExpressVPN.

    Mohon diingat bahwa ExpressVPN masih dalam proses peluncuran saat ini. Maka mungkin tidak akan langsung tersedia untuk semua pengguna. Jika Anda meminta akses, Anda mungkin akan masuk ke dalam daftar tunggu terlebih dahulu.

    Apa ExpressVPN membocorkan data Anda?

    Selama tes kami untuk ulasan ExpressVPN ini, kami sama sekali tidak melihat kebocoran data yang berbahaya. Laporan ipleak.net kami tidak menunjukkan hal apa pun yang tidak ingin Anda bagikan.

    Screenshot of ExpressVPN data leak test

    ExpressVPN juga menyediakan beberapa alat keamanan berguna pada situs resminya. Alat-alat itu termasuk sebuah pemeriksa IP, tes kebocoran DNS/WebRTC, dan password generator yang cukup baik. Anda juga bisa akses alat-alat ini dari ExpressVPN client Anda.

    Screenshot of ExpressVPN, on site security tools

    Selain itu, ExpressVPN menawarkan DNS terenkripsi pada setiap server VPN mereka. Ini artinya permintaan DNS Anda tidak akan diekspos ke pihak lain setiap kali Anda mengunjungi situs.

    Informasi apa saja yang dibutuhkan ExpressVPN?

    Untuk membuat akun dengan ExpressVPN, Anda hanya perlu alamat email dan sebuah metode pembayaran. Artinya, Anda bisa tetap sepenuhnya anonim jika Anda menggunakan alamat email baru (tanpa pengenal) dan membayar dengan Bitcoin.


    Kegunaan – Seberapa Mudah Penggunaan ExpressVPN?

    ExpressVPN adalah penyedia VPN yang sangat ramah konsumen. Bahkan jika ini merupakan VPN pertama Anda, Anda tidak akan kesulitan menelusuri situs dan client layanan ini. Maka dari itu layanannya mendapat nilai 9/10 untuk aspek penggunaan.

    Berikut versi singkat dari kesimpulan kami:

    • Situs ExpressVPN sederhana dan mudah ditelusuri.
    • Pemasangan ExpressVPN cepat dan mudah pada semua perangkat dan sistem operasi.
    • Client ExpressVPN ramah bagi pemula dan intuitif.
    • VPN menawarkan opsi split tunneling yang efisien.
    • ExpressVPN termasuk mahal.
    • Pembayaran crypto diterima.
    • ExpressVPN menawarkan layanan pelanggan 24/7 (termasuk live chat).
    • Keahlian tim bantuan langsung mereka tidak sesuai kebutuhan.

    Situs dan proses pemasangan ExpressVPN

    Situs ExpressVPN sederhana dan mudah digunakan. Semuanya terasa intuitif dan ditata dengan baik. Bahkan pengguna VPN yang pemula tidak akan kesulitan menelusuri situs dan mendapatkan layanan ExpressVPN.

    beranda layanan expressvpn dengan menu dan penawaran paket langganan

    Dengan menekan tombol “Akun Saya” di sudut kanan atas layar akan terbuka dasbor pribadi Anda. Di sini, Anda bisa mengubah metode pembayaran Anda, mengunduh aplikasi untuk platform yang didukung, melihat tagihan, mendapat referral link Anda, menyesuaikan pengaturan DNS, dan mengubah kata sandi Anda. Anda juga bisa melihat informasi program langganan Anda dan mengelola pengaturan program langganan.

    Screenshot of ExpressVPN, Personal dashboard

    Pemasangan ExpressVPN cepat dan mudah. Panduan pemasangan mereka yang mudah akan memandu Anda pada setiap langkahnya. ExpressVPN menawarkan aplikasi asli untuk Windows, macOS, Android, iOS, Linux, dan router-router tertentu. Jika perangkat Anda tidak didukung, Anda bisa memasang ExpressVPN secara manual dengan OpenVPN atau L2TP/IPSec. Namun, kami tidak menyarankan hal ini kecuali Anda benar-benar paham hal yang Anda lakukan.

    Untuk urusan browser extension, ExpressVPN mendukung Chrome, Firefox, dan Edge. Tapi anehnya, kami tidak punya pilihan untuk mengunduh extension Microsoft Edge dari client kami. Namun terlepas dari hal itu, Express bisa digunakan dengan Android TV, Fire TV & Kindle Fire, gaming console, Apple TV, Chromebook, dan banyak platform lain.

    Untuk ulasan ExpressVPN ini, kami terutama menguji aplikasi Windows mereka. Berikut langkah-langkah pemasangannya:

    1. Buka situs ExpressVPN.
    2. Klik “Memulai” di sudut kanan atas layar.
    3. Pilih opsi program langganan Anda.
    4. Berikan informasi yang dibutuhkan (email dan metode pembayaran).
    5. Unduh file setup untuk sistem Anda.
    6. Klik file yang diunduh dan pemasangan akan dimulai secara otomatis.
    7. Setelah pemasangan, masukkan kode aktivasi Anda.

    Selama pemasangan, Anda perlu menjawab dua pertanyaan:

    • “Apa Anda ingin ExpressVPN untuk menyala bersamaan dengan Windows?” Ini sangat membantu jadi kami sarankan untuk klik “Ya”.
    • “Apa Anda ingin membagikan laporan kerusakan, tes kecepatan, diagnosa kegunaan, dan apakah upaya koneksi VPN berhasil?” Kami tidak senang berbagi informasi yang tidak penting dengan pihak perusahaan maka kami sarankan untuk memilih “Tidak” untuk pertanyaan ini.

    Mempertimbangkan semua hal ini, kami dapat mengatakan bahwa pemasangan ExpressVPN ramah bagi pemula dan disederhanakan secara sempurna. Kami khususnya senang dengan fakta bahwa Anda bisa mendaftarkan akun dan membeli program langganan hanya dengan satu langkah.

    Tampilan dan kemudahan penggunaan ExpressVPN

    Client ExpressVPN sangat mulus dan professional. Layar berandanya bebas dari opsi-opsi rumit, yang menjadikannya sangat ramah bagi pemula. Semua hal yang mungkin dibutuhkan “pengguna biasa” sudah ada di layar. Beberapa opsi canggih tersedia setelahnya.

    Jendela utamanya berisi tombol on/off yang menonjol dan shortcut untuk berganti antar server. Client Windows layanan ini juga menampilkan beberapa artikel menarik dari blog perusahaan di bagian paling bawah.

    Hamburger menu di sudut kiri atas memungkinkan Anda untuk:

    • Membuka daftar server.
    • Melakukan tes kecepatan.
    • Mengakses menu “Opsi”.
    • Menghubungi layanan pelanggan.
    • Memeriksa alamat IP Anda dan menguji kebocoran DNS/WebRTC.
    • Mendapat referral link Anda.
    • Keluar dari akun.

    Client ExpressVPN punya sesuatu bagi pemula dan pengguna yang sudah berpengalaman. Kami menghargai rancangannya yang minimalis dan mengapresiasi Express untuk interface penggunanya. VPN dengan client yang rumit, seperti Winscribe, dapat belajar dari ExpressVPN.

    Split tunneling

    ExpressVPN menawarkan split tunneling. Fitur VPN yang berguna ini memungkinkan Anda untuk memilih aplikasi mana yang akan diarahkan melalui VPN, dan mana yang terhubung langsung ke internet. Anda bisa termukan opsi ini di tab “General Settings” pada client Anda.

    Anda bisa memasang split tunneling dengan dua cara:

    • Mengecualikan program: Apa Anda ingin semua aplikasi Anda kecuali Firefox untuk menggunakan VPN? Maka Anda bisa pasang ExpressVPN supaya hanya Firefox yang tidak melalui tunnel VPN yang terenkripsi.
    • Mengizinkan beberapa program saja: Hal ini berguna saat Anda hanya ingin VPN untuk hal-hal seperti pengunduhan torrent. Anda dapat menambahkan perangkat lunak torrent ke pengaturan split tunnel ExpressVPN.

    Split tunneling menghemat bandwidth Anda dan meningkatkan kecepatan koneksi Anda. Traffic yang terenkripsi lajunya lebih lambat, yang berarti menggunakan lebih banyak bandwidth. Dengan split tunneling, Anda bisa menggunakan aplikasi dan situs terpercaya tanpa perlindungan VPN.

    Harga dan metode pembayaran

    ExpressVPN termasuk mahal, dengan harga yang setinggi beberapa pesaing lain seperti BolehVPN. Namun, orang dapat berargumen bahwa fitur-fiturnya yang luar biasa sepadan dengan penawaran harganya yang tinggi. Anda selalu dapat menggunakan garansi uang kembali 30 hari yang mereka tawarkan dan mendapat masa coba gratis ExpressVPN. Hal itu memberi Anda banyak waktu untuk menguji perangkat lunak mereka secara gratis untuk melihat apakah cocok dengan Anda.

    ExpressVPN menawarkan tiga program langganan:

    • Satu bulan: $12,95 per bulan
    • Enam bulan: $9,99 per bulan (tagihan sebesar $59,95 per enam bulan)
    • 12 bulan: $6,67 per bulan (tagihan sebesar $99,95 per 12 bulan)
    penawaran harga paket expressvpn dengan tiga pilihan dan promo bonus

    Harga-harga yang kami cantukan dalam artikel kami adalah yang kami temukan selama melakukan ulasan tapi mungkin akan berubah tergantung jika ada diskon musiman atau faktor wilayah.

    ExpressVPN menerima metode pembayaran berikut:

    • Kartu kredit (VISA, MasterCard, American Express, Discover, JCB, Diners Club International)
    • PayPal
    • Bitcoin
    • Beragam metode pembayaran regional (WebMoney, Klarna, iDeal, UnionPay, Sofort, Giropay, dan lainnya)

    Mohon diingat bahwa program langganan Anda diperbarui secara otomatis. Anda bisa mematikannya dari tab “Manage Subscription Settings” di dasbor pribadi Anda di situs layanan.

    Terakhir, Anda bisa dapatkan 30 hari program langganan ExpressVPN secara gratis jika Anda mereferensikan teman dan mereka mendaftar. Anda bisa mereferensikan teman sebanyak-banyaknya, bahkan jika mereka dulunya merupakan pelanggan ExpressVPN. Namun, jika Anda mendaftar melalui Google Play atau App Store, Anda tidak akan memenuhi syarat untuk penawaran 30 hari gratis. Jika Anda membayar melalui PayPal, Anda akan mendapat bonus cashback ke akun PayPal Anda. Jumlahnya sama dengan satu bulan program langganan, sesuai dengan program langganan Anda saat ini.

    Layanan pelanggan

    Untuk urusan layanan pelanggan ExpressVPN, kami tertarik dengan tiga hal:

    • Kualitas materi bantuan yang ada di situs resminya (FAQ, panduan pemasangan/penanganan masalah, dll)
    • Ragam mode komunikasi (live chat, email, tiket)
    • Durasi respon dan keahlian tim bantuan

    ExpressVPN menawarkan basis pengetahuan yang solid di situsnya. Anda bisa mengatasi banyak masalah hanya dengan membaca tips pemecahan masalah dan panduan pemasangan mereka.

    Namun, fungsi pencarian layanannya membutuhkan sedikit usaha. Kami sering mendapat mendapat hasil yang tidak ada hubungannya dengan kata pencarian kami. Bagian FAQ juga rasanya kurang lengkap.

    Perusahaannya mempertahankan live chat 24/7, yang menurut kami merupakan nilai plus. Alat ini tersedia untuk pelanggan berbayar dan pengunjung acak. Selama tes kami untuk ulasan ExpressVPN ini, kami hanya perlu menunggu beberapa detik sebelum mulai percakapan dengan seorang operator bantuan. Mereka selalu menyenangkan dan bersedia membantu, tapi tidak selalu punya pengetahuan yang cukup.

    Mohon diperhatikan bahwa kami tidak bisa menggunakan jendela live chat saat adblocker kami masih hidup. Live chat ExpressVPN disediakan oleh platform lain yang bernama SnapEngage. Platform ini menggunakan delapan cookies penting dan Anda tidak akan bisa memulai live chat jika Anda memblokirnya.

    Anda juga bisa mengirim email dan support tickets ke ExpressVPN. Layanan ini disediakan oleh platform lain bernama Zendesk.


    Jaringan Server – Bisakah ExpressVPN Membuka Blokir Internet?

    Jaringan server VPN penting jika Anda ingin melampaui batasan geografis. Contohnya, Anda bisa terhubung ke server di Amerika Serikat untuk nonton tayangan di Netflix Amerika. Selain itu, jika pemerintah Anda menyensor aktivitas online dan hal yang bisa Anda lihat di internet, Anda bisa mengarahkan ulang koneksi melalui server di negara yang berbeda untuk mendapat akses bebas ke internet.

    Jaringan ExpressVPN saat ini mendapat nilai 8.5/10. Hal-hal terpenting untuk dicatat tentang jaringan servernya adalah:

    • ExpressVPN memiliki lebih dari 3000 server di 94 negara.
    • Server bekerja untuk beragam platform streaming, termasuk Netflix.
    • Dengan ExpressVPN, Anda bisa melakukan torrent secara aman dan anonim.
    • Server ExpressVPN bekerja dengan teknologi TrustedServer untuk kebijakan “no log” dan keamanan ekstra.
    • ExpressVPN tidak menawarkan alamat IP khusus.

    Jumlah server dan lokasinya

    ExpressVPN menawarkan 3000+ server yang tersebr di 94 negara. Berkat jaringan server yang luas ini, Anda selalu akan menemukan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya, Anda bisa beralih antar server kapan saja dan sebanyak yang Anda mau.

    Daftar lokasi yang tersedia mudah diakses dari layar beranda client. Saat Anda klik shortcut lokasi di bawah tombol on/off, sebuah daftar akan muncul di samping jendela utama.

    Di sini, Anda bisa melihat lokasi yang baru Anda kunjungi untuk akses yang lebih mudah. Anda juga bisa membuat daftar server-server favorit Anda. Terakhir, alat “Smart Location” akan memilih server optimal berdasarkan lokasi, ping, dan kecepatan koneksi Anda saat ini. Tab “Semua Lokasi” menunjukkan semua server yang tersedia dan dikelompokkan berdasarkan benua.

    ExpressVPN menawarkan server di negara-negara berikut ini:

    • Amerika: Amerika Serikat, Argentina, Bahamas, Bolivia, Brazil, Chile, Ekuador, Guatemala, Kanada, Kolombia, Kosta Rika, Meksiko, Panama, Peru, Uruguay, dan Venezuela.
    • Eropa: Albania, Andorra, Armenia, Austria, Belanda, Belarus, Belgia, Bosnia & Herzegovina, Bulgaria, Cyprus, Denmark, Estonia, Finlandia, Georgia, Hungaria, Inggris, Irlandia, Islandia, Italia, Jerman, Jersey, Kroasia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luxembourg, Makedonia Utara, Malta, Moldova, Monako, Montenegro, Norwegia, Perancis, Polandia, Portugal, Pulau Man, Republik Ceko, Romania, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swis, Turki, Ukraina, dan Yunani.
    • Asia-Pasifik: Australia, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Filipina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Kamboja, Kazakhstan, Korea Selatan, Kyrgyzstan, Laos, Makau, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Selandia Baru, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam.
    • Timur Tengah & Afrika: Afrika Selatan, Algeria (virtual via Belanda), Israel, Kenya, dan Mesir.

    Mohon diperhatikan bahwa sekitar 3% dari jaringan ExpressVPN berisi “virtual server”. Ini berarti alamat IP yang diberikan sesuai dengan negara yang Anda pilih, sedangkan servernya secara fisik berada di tempat lain (biasanya negara sekitar, namun tidak selalu seperti ini).

    Contohnya, jika Anda terhubung ke Slovenia, traffic Anda akan diarahkan melalui server di Belanda dan mendapat alamat IP Slovenia. Traffic Anda akan tetap terlihat seakan-akan berasal dari Slovenia tanpa terhubung ke server fisik di negara tersebut.

    ExpressVPN memilih opsi virtual untuk negara-negara di mana sulit untuk mencari server berkualitas tinggi. Dengan begitu, layanannya dapat menghubungkan Anda ke negara-negara tersebut tanpa mengorbankan aspek kecepatan dan keamanan. Daftar lengkap server virtual ExpressVPN tersedia di situs mereka.

    ExpressVPN dan streaming (Netflix, Disney Plus, Hulu, BBC iPlayer)

    Terlepas dari hanya menawarkan alamat IP bersama, ExpressVPN sangat handal dalam membuka blokir. Penggunaan teknologi penyamaran mereka disertai dengan ribuan alamat IP tentunya mendukung kemampuan mereka ini. ExpressVPN bekerja secara sempurna dengan Netflix Amerika Serikat, serta banyak versi regional lainnya. Ada alasan mengapa layanan ini masuk dalam daftar VPN terbaik untuk Netflix kami.

    Berikut gambaran luas yang lengkap tentang kemampuan ExpressVPN dalam membuka blokir geografis untuk layanan streaming:

    PlatformBisakah ExpressVPN membuka blokirnya?
    Netflix
    Disney Plus
    Hulu
    BBC iPlayer

    Dengan upaya ketat Netflix untuk memblokir VPN, daftar layanan yang dapat membuka blokirnya semakin menipis setiap hari. ExpressVPN tentunya adalah salah satu VPN yang belum menyerah. Kami dapat streaming banyak tayangan dan film Netflix tanpa lag atau error terhadap proxy. Bonusnya, ExpressVPN juga bekerja dengan platform lain, termasuk Hulu, BBC iPlayer, dan Disney+.

    ExpressVPN dan torrent

    Jika Anda tidak bisa memulai hari tanpa menyalakan uTorrent, ExpressVPN adalah layanan yang tepat bagi Anda. Layanannya memungkinkan berbagi file P2P anonim di semua servernya tanpa pembatasan kecepatan. Tapi pastikan tombol mati daya Anda aktif — Anda pasti tidak ingin putusnya koneksi menyebabkan kebocoran IP Anda saat sedang mengunduh torrent.

    Seperti biasa, kami perlu memberi tahu bahwa kami tidak menyarankan atau membenarkan torrenting ilegal. Pengunduhan konten yang dilindungi hak cipta dapat menyebabkan konsekuensi hukum yang serius. Di beberapa negara bahkan bisa dipenjara.

    Teknologi TrustedServer

    Server VPN tradisional biasanya bergantung pada hard drive, yang menyimpan data sampai dihapus atau digantikan. Ini meningkatkan resiko adanya peretas yang mencuri informasi sensitive. ExpressVPN mengatasi masalah ini dengan memperkenalkan teknologi “TrustedServer”.

    sorotan dan penjelasan teknologi server expressvpn trustedserver untuk keamanan

    Dibanding menggunakan hard drive, server mereka bekerja sepenuhnya menggunakan memori yang cepat menguap (atau RAM). Semua informasi pada server apa pun dihapus pada saat dimatikan. Hal ini mencegah data dan kemungkinan penyusup yang ingin mengakses.

    Pendekatan RAM-only ini juga menjamin bahwa setiap server bekerja dengan perangkat lunak terbaru. Ini berarti setiap server ExpressVPN bekerja dengan kode yang sama persis. Konsistensi ini menjadikan jaringannya jauh lebih mudah untuk dikelola dan mengurangi kemungkinan kerentanan dan miskonfigurasi.

    Teknologi TrustedServer telah diaudit oleh PwC dan ada imbalan $100.000 dalam program bug bounty ExpressVPN khusus untuk menemukan masalah keamanan di dalam TrustedServer.

    Alamat IP khusus

    Alamat IP khusus dikaitkan pada akun Anda, sehingga tidak ada orang lain yang bisa menggunakannya. IP Anda tetap sama setiap kali terhubung. Sayangnya, ExpressVPN tidak menawarkan IP khusus (atau IP statis).

    Perusahaannya memilih alamat IP bersama yang dinamis. Ini berarti Anda akan mendapat IP yang berbeda setiap kali terhubung ke sebuah server. Alamatnya mungkin sudah pernah Anda gunakan, tergantung pada ketersediaan. Bagian “bersama” di sini berarti Anda akan berbagi IP Anda dengan ratusan atau ribuan pengguna aktif.

    IP bersama bagus untuk torrenting, karena traffic P2P Anda bisa hilang di antara pengguna lain dengan alamat yang sama. Mereka menjamin privasi yang lebih baik atas dasar alasan yang sama. Meskipun begitu, tetap mengejutkan saat kami tahu bahwa VPN sebesar ExpressVPN tidak memberi pilihan IP khusus (bahkan dengan biaya tambahan).


    Kesimpulan – Pengalaman Kami dengan ExpressVPN

    Tidak heran bahwa ExpressVPN sudah cukup lama berada di peringkat teratas dalam daftar VPN terbaik kami. Layanannya bekerja dengan baik dalam semua aspek penting dari layanan VPN. Mereka menawarkan kecepatan yang cukup baik dan koneksi yang stabil. Baik hanya untuk browsing atau gaming, ExpressVPN akan mengamankan traffic Anda tanpa menyebabkan lag berat atau durasi memuat yang lama.

    ExpressVPN menawarkan enkripsi terbaik yang dapat ditemukan. Anda tidak perlu khawatir akan anonimitas Anda berkat kebijakan no log yang solid dan server RAM-only milik mereka. Selain itu, tombol mati daya akan meningkatkan privasi Anda dengan memastikan data Anda anti bocor. Perusahaannya punya beberapa perkembangan yang mengkhawatirkan baru-baru ini, tapi saat ini kami tidak punya bukti adanya dampak negatif akibat hal tersebut.

    ExpressVPN merupakan layanan yang ramah bagi pemula dengan aplikasi dan pemasangan yang sederhana. Situs dan perangkat lunak mereka intuitif dan tidak menggunakan opsi yang tidak jelas. Ini membuat layanannya dapat diakses oleh semua orang, mulai dari pengguna biasa hingga streamer dan gamer yang paham teknologi. Namun bagian FAQ di situsnya perlu dibuat lebih lengkap. Tim bantuan live mereka juga dapat mengingkatkan keterampilan mereka dalam penanganan masalah teknis.

    Meskipun begitu, penawaran harga ExpressVPN tetap dirasa sedikit tinggi, khususnya untuk program langganan yang lebih lama. Kualitasnya ada, tapi kami yakin bahwa layanan yang sama dapat disediakan dengan uang yang lebih sedikit. Layanan ini tetap menjadi salah satu layanan pilihan kami di VPNOverview dan kami sejujurnya menyarankan layanan ini kecuali kecepatan internet Anda sangat rendah.


    Membandingkan ExpressVPN

    Saat memilih antara dua penyedia VPN, penting untuk mengukur kelebihan dan kekurangan mereka dengan perbandingan langsung. ExpressVPN tentunya dapat bersaing dengan penyedia mana pun. Lihat artikel-artikel di bawah ini untuk mengetahui bagaimana ExpressVPN bersaing dengan layanan VPN seperti CyberGhost, Surfshark, dan NordVPN:

    Ulasan ExpressVPN: FAQ

    Apa Anda punya pertanyaan tentang ExpressVPN? Kami telah menjawab beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan terkait ExpressVPN di bawah ini. Klik pada pertanyaan untuk melihat jawabannya.

    Apakah ExpressVPN aman?

    Ya! ExpressVPN akan mengamankan traffic online Anda dengan enkripsi AES 256-bit dan protokol VPN yang paling aman. ExpressVPN juga tidak bisa mencatat informasi apa pun karena teknologi TrustedServer merka: semuanya langsung dihapus, sehingga tidak ada orang yang bisa melihat aktivitas online Anda. Dengan kata lain, kebijakan no log ExpressVPN sesuai dengan janjinya. Ingin tahu lebih lanjut. Cek ulasan lengkap kami tentang ExpressVPN.

    Apakah ExpressVPN bekerja dengan Netflix (Amerika)?

    Ya, Anda bisa nonton Netflix dengan ExpressVPN dan mengakses penawaran Netflix seperti di Amerika Serikat dan negara lain. ExpressVPN punya banyak server super cepat di seluruh dunia, sehingga mudah untuk streaming konten Netflix di mana saja.

    Apakah saya bisa mengunduh torrent secara anonim dengan ExpressVPN?

    Anda bisa secara mudah mengunduh torrent dengan ExpressVPN. Berkat kecepatan servernya yang luar biasa, proses ini akan sangat cepat selesai. Saat menggunakan ExpressVPN, Anda juga bisa menikmati perlindungan ExpressVPN saat mengunduh, yang menjamin Anda hampir sepenuhnya anonim.

    Apakah ExpressVPN menawarkan alamat IP khusus?

    ExpressVPN tidak menawarkan alamat IP khusus. Banyak orang yang menggunakan IP khusus untuk nonton Netflix dengan VPN mereka. Dengan ExpressVPN, Anda tidak perlu alamat IP khusus untuk melakukan hal itu.

    Jika ingin alamat IP khusus untuk menghindari captchas dan bentuk verifikasi tambahan lainnya, Anda bisa mencari VPN yang menawarkan alamat IP khusus seperti NordVPN.

    Berapa harga program langganan ExpressVPN?

    ExpressVPN sedikit lebih mahal dibanding sebagian besar penyedia VPN lain. Namun, VPN layanan ini memberikan Anda kualitas terbaik dari yang paling baik. Program langganan ExpressVPN seharga $6,67 per bulan.

    Opini Pribadi Para Ahli VPNOverview.com

    “VPN ramah konsumen, dengan server yang cepat dan layanan pelanggan yang bagus. Memfasilitasi pengunduhan torrent dan Netflix Amerika!”
    8.9
    David Janssen
    David Janssen
    Analisis Keamanan Cyber
    Sebagai editor di VPNOverview saya punya berlusin-lusin VPN yang bisa dipilih kapan saja. Beberapa tahun belakangan ini saya telah menggunakan ExpressVPN secara ekstensif. Saya senang dengan ExpressVPN karena layanannya cepat, mudah, dan bekerja dengan baik di semua perangkat.
    Djordje Djordjevic
    Djordje Djordjevic
    Jurnalis Teknologi
    Dengan exterior Windows 98 mereka, aplikasi ExpressVPN tidak akan memenangkan penghargaan design dalam waktu dekat ini. Namun, fitur-fitur mereka dirancang secara sempurna. VPN ini dirancang untuk melayani kebutuhan para pemula dan pengguna yang berpengalaman. Layanannya bisa menyeimbangkan antara aspek keamanan yang ketat dan kemudahan penggunaan. Express adalah salah satu VPN pilihan saya baik untuk kebutuhan pribadi dan profesional. Saya menggunakannya karena yakin VPN ini pasti akan bekerja. Namun, saya tidak yakin hal itu membenarkan harganya yang sangat mahal. Layanan pelanggan mereka juga perlu ditingkatkan untuk seimbang dengan kualitas perangkat lunaknya.
    Tinggalkan komentar